Pengalaman Anggota

Tempe gembus

Jika dikatakan Hidup di desa adalah murah, mungkin orang bosan mendengarnya. Tapi bila saya ceritakan kisah nyata yang saya alami, dengan SERIBU RUPIAH, saya mendapatkan TIGA PULUH potong tempe Gembus, sangat keterlaluan murahnya.

 

Suatu pagi, istri saya membeli tempe gembus di penjual sayur langganan yang mangkal di pinggiran dusun. Dengan Rp 1.000,- mendapat 5 potong tempe gembus agak besar, sehingga harus di potong menjadi potongan yang lebih kecil untuk dapat disajikan.

 

Setiap potongan besar dibagi dua dan setiap bagian dibagi tiga, jadi setiap potongan besar menjadi enam potongan kecil. Ukuran potongan kecil ini kita-kira panjang 5 cm, lebar 3 cm dan tebal 1 cm. Alhasil dari seribu rupiah, total bisa dibuat 30 potongan tempe gembus.

Lain halnya dengan tempe biasa yang keras, tempe gembus, seperti namanya sifatnya lembek, sekalipun lebih padat. Kita biasa melihat menggoreng tempe biasa yang di sayat-sayat melintang agar bumbu dapat merasuk.

 

Hal yang sama tidak bisa dilakukan pada tempe gembus yang mudah hancur karena lembeknya. Istri saya menggunakan parut kelapa untuk membuat lubang-lubang kecil ke seluruh permukaan tempe gembus, dengan lubang-lubang itu, bumbu dapat leluasa meresap. Sungguh akal yang cerdik.

Bumbu goreng tempe gembus standard saja, terdiri dari bawang putih, garam dan agak berani dengan ketumbar, agar baunya lebih sedap. Bumbu-bumbu ini setelah di haluskan kemudian dilarutkan
dengan air panas. Barulah tempe dicelupkan sampai tenggelam agar bumbu meresap.

 

Untuk lebih melekat, potongan-potongan tempe gembus ini kemudian disimpan di dalam kulkas untuk
beberapa lama. Istri saya kemudian menyiapkan adonan tepung terigu, yang juga dibumbui bawang putih dan garam.

 

Kini tempe siap di goreng sebagai kudapan malam. Rahasia makan tempe gembus lebih nikmat, sebelum digigit, pandanglah gorengan tempe ini di depan mata seraya membayangkan betapa murahnya makanan ini. (SH; Creator of Fundamen Top40; Visit http://fundamen40.blogspot.com dan http://rumahkudidesa.blogspot.com)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close