Iptek dan Lingk. Hidup

Fungsi rambut

1. Pada Kepala
Fungsi rambut untuk melindungi kulit kepala dari matahari dan hawa dingin. Rambut yang ada di kepala berjumlah tidak kurang dari 100.000 helai dan setiap helai tumbuh dalam 2 hingga 6 tahun. Tetapi rambut akan mengalami kerontokan setiap hari, 50 hingga 100 helai, namun rambut baru akan tumbuh.

2. Pada Mata
Fungsi alis-bulu mata selain keindahan dan kecantikan untuk menahan keringat dan hujan yang mengenai dahi lalu ke mata. Alis mata juga dapat memperdalam karakter wajah Anda sesungguhnya.

3. Pada Hidung
Adanya rambut hidung, maka bakteri, jamur, debu atau spora yang masuk hidung terhambat dan tersaring. Rambut hidung juga berfungsi meningkatkan kelembaban udara yang dihirup. Hal ini sangat penting untuk proses respirasi lanjutan.

4. Kumis, Janggut, bulu dada dan perut
Fungsi kumis-jenggot sebagai tanda kelamin sekunder lelaki dewasa. Ini sebagai pembeda lelaki dan perempuan. Fungsi rambut dada dan perut adalah sebagai tanda kelamin sekunder buat lelaki dewasa.

5. Pada ketiak
Rambut ketiak tumbuh masa pubertas dan pertumbuhannya sampai akhir usia remaja, 18-20 tahun. Perembesan feromon dari ketiak pada tingkat perkembangan manusia menunjukkan kaitan antara rambut ketiak dengan keseksualan.

 

Respons positif terhadap rangsangan olfaktori di dalam mamalia dan desakan seks yang kuat yang disebabkan oleh perembesan feromon memberi petunjuk yang berguna mengenai tujuan dan kepentingan rambut ketiak kepada manusia.

 

Pernah dikatakan bahwa rambut itu sendiri bertindak sebagai sifat ânti-geseran semula jadi antara lengan atas dengan toraks. Lebih penting lagi, rambut ketiak mengusir kelembapan dari kulit yang membantu kulit supaya cukup kering bagi mencegah berkembangnya bakteria yang mengeluarkan bau.

6. Pada Tangan dan Kaki
Fungsi rambut kaki dan tangan adalah sebagai alat sensor yang paling mujarab. Misal kaki kita berjalan di semak belukar. Hal yang direspon oleh kaki kita adalah banyak. Mulai tumbuhan yang bikin gatal atau bisa merespon kalau ada ulat. (Suhirto M)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close