Psikologi

Perwira untuk julukan kota

PERWIRA sangat pantas untuk julukan kota purbalingga, karena dikota inilah terlahir seorang tokoh pejuang yang namanya tidak asing untuk kita dengar, siapa lagi kalau bukan jendral soedirman, karena perjuangannya yang sangat gigih itulah sehingga kita sekarang dapat menikmati kemerdekaan hakiki.

 

Berbagai penghargaan telah tercapainya, sampai salah satu universitas dipurwokerto Banyumas dinamakan universitas jendral Soedirman, bukan cuma itu dikota kelahirannyapun didirikan sebuah monumen yang sangat anggun nan indah sebagai wujud mengenang kegigihannya sebagai gerilyawan.

 

Dia tak pernah gentar menghadapi penjajah, dan sampai sekarang ini monumen tersebut menjadi obyek wisata dikota perwira Purbalingga, Panglima Besar Jenderal Soedirman sendiri terlahir didesa Bodas karangjati, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, pada hari senin pon tanggal 24 Januari 1916.

 

Jenderal Soedirman di besarkan dalam lingkungan keluarga sederhana. Ayahnya, Karsid Kartowirodji, adalah pekerja Pabrik Gula Kalibagor, dan ibunya, Siyem, keturunan Wedana Rembang. Sudirman sejak umur 8 bulan diangkat sebagai anak oleh R. Tjokrosoenaryo, asisten wedana Rembang, yang masih merupakan saudara dari Siyem.

Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman ini di Desa Bantarbarang, Kec. Rembang, sekitar 26 Km arah timur dari ibu kota Kab. Purbalingga, dan Monumen ini dibangun tanggal 6 Februari 1976, oleh Pemkab Purbalingga masa Bupati Goentoer Darjono, sebagai “tetenger” dan penghargaan atas jasa-jasa perjuangan beliau menegakkan kemerdekaan NKRI.

Ditempat yang kini menjadi obyek wisata Monumen Sudirman ini, diruang belakang terdapat replika ayunan bayi yang terbuat dari bambu dan bok tempat tidur untuk Sudirman. Disampingnya sepasang meja kursi dan dua buah dipan, yang sering digunakan Raden Cokro Sunaryo sang ayah untuk beristirahat.

 

Sementara di ruang depan, merupakan tempat untuk rapat para pejabat Kawedanan.pokoknya belum lengkap rasanya kalau kita jalan – jalan kepurbalingga, kalau belum menginjungi musium panglima besar JENDRAL SOEDIRMAN. (Kunto Rongamadji)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close