Iptek dan Lingk. Hidup

Lima piramida modern

Piramida adalah bangunan bersejarah sekaligus menjadi ikon wisata Mesir. Tapi jangan salah, ada beberapa negara di dunia yang punya piramida lebih modern dan arsitekturnya tak kalah menakjubkan. Inilah 5 piramida tersebut!

 

5 Negara ini punya bangunan dengan arsitektur yang mirip dengan piramida di Mesir. Berbentuk segitiga, besar, dan puncaknya lancip. Dilansir Atlas Obscura, berikut 5 piramida modern dari berbagai negara di dunia:

 

1. The Pyramid Arena, AS

Siapa sangka, AS juga punya piramida yang disebut The Pyramid Arena di Memphis, Tennessee. Piramida ini tingginya mencapai 321 meter dan sebenarnya merupakan arena olahraga. Total, ada 20.000 kursi penonton di dalamnya.

 

Berada di seberang Sungai Missisipi, The Pyramid Arena sering digunakan sebagai ajang pertandingan olahraga, seperti bola basket NBA. Namun sayang, sejak tahun 2004 arena olahraga ini mulai ditinggalkan oleh masyarakat sekitar. Hingga kini, sudah banyak pengusaha yang mengincar piramida tersebut untuk dijadikan pusat perbelanjaan.

 

2. The Palace of Peace and Reconciliation, Kazakhstan

Kazakhstan punya piramida bernama The Palace of Peace and Reconciliation yang ada di Astana. Piramida ini sudah berdiri dari tahun 2006 dengan waktu pembangunan selama dua tahun saja. Piramida ini dibangun oleh Presiden Nazarbayev, presiden pertama Kazakhstan yang negaranya merdeka sejak tahun 1991 saat bubarnya Uni Soviet.

 

The Palace of Peace and Reconciliation punya panjang sisi 62 meter dan dibangun oleh beberapa arsitek ternama, seperti Sir Norman Foster asal Inggris. Selain punya tampilan cantik, piramida ini juga memiliki fasilitas canggih. Suhu di dalamnya bisa mencapai plus dan minus 40 derajat Celcius.

 

Di dalamnya terdapat gedung opera dengan 1.500 kursi, fasilitas pendidikan, dan ruang rapat para petinggi negara Kazakhstan. Uniknya, arsitektur pada piramida ini menggambarkan semua agama di dunia.

 

3. Louvre Pyramid, Prancis

Louvre Pyramid adalah piramida terkenal dari Museum Louvre, Paris, Prancis. Ciri khas dari piramida ini adalah bangunannya yang terbuat dari besi dan kaca besar. Louvre dikelilingi tiga piramida kecil yang ada di depannya.

 

Louvre dirancang oleh arsitek ternama, Ieoh Min Pei dan sudah berdiri sejak tahun 1989. Tingginya mencapai 20 meter dengan bagian dasarnya memiliki panjang sisi 35 meter. Louvre berada tepat di jantung kota Paris, 1er Arrondissement atau distrik nomor satu, tepat di tepi Sungai Seine.

 

Louvre sebenarnya adalah museum yang berisikan banyak benda-benda bersejarah dunia, seperti patung Venus de Milo, mahkota Raja Louis XV, patung Firaun Ramses II, prasasti Kode Hammurabi, maha karya seni Islam dan berbagai koleksi mumi dan Sphinx. Yang paling terkenal di Louvre, adalah lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci. Rasanya, belum lengkap ke Paris kalau belum datang ke Louvre.

 

4. Ryugyong Hotel, Korea Utara

Ryugyong Hotel adalah piramida ala Korea Utara. Rancangan awalnya, Ryugyong Hotel bakal memiliki 105 lantai dengan ketinggian 330 meter dan pembangunannya pun sudah dimulai tahun 1987. Tapi sayang, pembangunannya dihentikan tahun 1992 karena jatuhnya Uni Soviet yang berdampak terhadap krisis ekonomi Korea Utara.

 

Sejak saat itulah, hingga kini Ryugyong Hotel hanya menjadi bangunan yang tak berpenghuni. Meski tampak luar sudah terlihat mirip dengan piramida, namun banyak traveler yang menyebut kalau Ryugyong Hotel adalah bangunan yang terjelek di dunia. Hal itu terkait dengan tidak ada ‘kehidupan’ di dalamnya.

 

Pembangunan hotel itu kemudian dilanjutkan kembali pada 1998, untuk rampung pada 2012. Tapi hingga kini, hotel berbentuk piramida tersebut masih kosong dan belum dibuka. Pemerintah Korea Utara membuka Ryugyong Hotel untuk tempat wisata, tapi dengan izin yang sangat ketat dan traveler tak bisa berlama-lama di sana.

 

5. The Luxor Hotel, AS

Satu lagi piramida dari Negeri Paman Sam, yaitu The Luxor Hotel. Berbeda dengan The Pyramid di Memphis, The Luxor Hotel di Las Vegas lebih mewah dan lebih populer. Bentuk bangunannya pun disebut-sebut mirip dengan Piramida Giza. Tinggi The Luxor Hotel ini mencapai 365 meter dan sudah dibuka sejak tahun 1993.

 

Biaya pembangunan The Luxor Hotel menghabiskan biaya USD 375 juta atau sekitar Rp 4,5 triliun. Di dalamnya terdapat 4.400 kamar, empat kolam renang, kapel pernikahan, restoran, toko-toko, hingga kasino berukuran 120 ribu meter persegi. Tak hanya itu, di depannya terdapat replika patung Sphinx.

 

Mungkin, The Luxor Hotel adalah piramida modern yang paling mewah di dunia.

(http://blog-ansyari.blogspot.com/2013/12/ini-dia-5-piramida-modern-di-berbagai.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close