Selingan

Mainan tradisional Congklak-(a)

Kumpulan.info – Dunia anak adalah bermain. Beragam mainan diciptakan untuk menghibur dan sebagai sarana pendidikan anak. Mulai dari mainan dari plastik hingga elektronik. Tetapi, tidak ada salahnya Anda mengajarkan permainan kepada cucu yang mungkin sering Anda mainkan sejak kecil.

 

Permainan seperti ini mengasah otak, kemampuan membuat strategi, sikap mudah bersosialisasi, dan membangun EQ.

 

Permainan Tradisional

Mengenang permainan anak yang biasa kita mainkan saat kecil merupakan kenangan indah yang lucu. Diantaranya mungkin Anda mainkan saat kecil misalnya congklak,

gasing, bekel, petak umpet, petak jongkok, gobak sodor, petak benteng, dan banyak mainan menarik lain. Mari kita telusur satu per satu :

 

Congklak

Permainan ini menggunakan papan permainan dengan 14 lubang dan 2 lubang induk yang ukurannya lebih besar. Dimainkan 2 orang. Satu lubang induk terletak pada ujung papan dan lubang induk satunya di ujung lain. Di antara kedua lubang induk terdapat 2 baris yang tiap barisnya berisi 7 lubang yang jumlahnya 14 lubang.

 

Cara bermain:

  1. Tiap lubang kecil diisi dengan 7 biji yang biasanya terbuat dari kerang atau plastik. Kecuali lubang induk yang dibiarkan kosong. Setelah menentukan siapa yang akan mulai lebih dulu, maka permainan dimulai dengan memilih salah satu lubang dan menyebarkan biji yang ada di lubang tersebut ke tiap lubang lainnya searah jarum jam.

 

  1. Masing-masing lubang diisi dengan 1 biji. Bila biji terakhir jatuh di lubang yang ada biji-bijian lain maka biji yang ada di lubang tersebut diambil lagi untuk diteruskan mengisi lubang-lubang selanjutnya. Jangan lupa untuk mengisikan biji ke lubang induk kita setiap melewatinya. Sedangkan lubang induk lawan tidak perlu diisi.

 

  1. Bila biji terakhir ternyata masuk dalam lubang induk kita, berarti kita bisa memilih lubang lainnya untuk memulai lagi, tetapi bila ternyata saat biji terakhir diletakkan pada salah satu lubang kosong, berarti giliran untuk lawan kita.

 

  1. Bila lubang tempat biji terakhir itu ada di salah satu dari 7 lubang yang ada di baris kita, maka biji yang ada di seberang lubang tersebut beserta 1 biji terakhir yang ada di lubang kosong akan menjadi milik kita dan akan masuk dalam lubang induk kita.

 

  1. Setelah semua baris kosong, maka permainan dimulai lagi dengan mengisi 7 lubang milik kita, masing-masing dengan 7 biji dari biji yang ada di lubang induk kita. Dimulai dari lubang yang terdekat dengan lubang induk, bila tidak mencukupi maka lubang lainnya dibiarkan kosong dan selama permainan tidak boleh diisi. Catatan : Nantikan sajian berikutnya.. (http://kumpulan.info/keluarga/anak/247-permainan-anak-tradisional.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close