Wisata dan Kuliner

Sewon kampung tradisional

Dusun Pandes, Panggungharjo Kec. Sewon, Ka. Bantul, Jogja dikenal luas sebagai kampung dolanan anak tradisional. Masayarakatnya menggantungkan hidup dari membuat mainan anak tradisional, mainan yang seakan sudah hilang ditelan modernisasi.

 

Dusun Pandes terkenal sebagai kampung dolanan sejak pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII. Menurut sejarah, Dusun Pandes lebih dikenal dengan Dusun Sompoan yang berasal dari nama Nyai Sompo dari Kerajaan Majapahit.

 

Untuk melestarikan mainan tradisional, warga Dusun membukanya sebagai desa wisata buat anda yang pengin tahu dan ingin belajar dan bikin mainan. Dulu ada sekitar 50 perajin mainan tradisional, tapi Karena kebanyakan perajin itu orang tua, kini tinggal 8 orang yang bertahan membuat mainan anak.

 

KEISTIMEWAAN

Mereka yang dilahirkan sebelum tahun 2000-an, pasti kenal yang namanya othok2. Othok-othok yang berbahan kaleng susu,bamboo dan hiasan kertas bergagang kayu jadi idola anak-anak. Kampung Dolanan Anak Pandes ini satu-satunya kampung wisata yang melestarikan mainan anak tradisional.

 

Kampung dolanan anak ini setia menciptakan mainan anak tradisional yang ada sejak lama dan turun temurun. Kampung ini jadi salah satu kampung di Desa Panggungharjo yang masih melestarikan pembuatan mainan tradisional anak-anak ini.

 

LOKASI

Terletak di Utara berbatasan dengan Kota Jogjakarta, Timur berbatasan Desa Bangunharjo. Selatan berbatasan dengan Desa Timbulharjo dan Pendowoharjo, serta Barat berbatasan dengan Desa Tirtonirmolo Kecamatan Kasihan, Bantul, Jogjakarta.

 

AKSES

Ada dua jalan propinsi menuju pusat pemerintahan kabupaten Bantul, yaitu jalan Bantul yang melewati pedukuhan Dongkelan dan Kweni, dan Jalan Parangtritis yang melewati pedukuhan Pandes, Porancak Glondong dan Cabean.

 

HARGA

Harga mainan anak tradisional ini sangat murah, antara Rp 1.000 hingga Rp 2.000 saja, murah kan? Makanya ayo diborong, buat oleh-oleh keponakan n cucu dirumah.

 

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Rumah penduduk disini biasa digunakan tempat Out bond anak-anak siswa sekolah TK atau Sekolah Dasar. (http://jogja.kotamini.com/stream/bantul/kampung-dolanan-anak-pandes-panggungharjo/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close