Wisata dan Kuliner

Lawang Sewu Dibuka Untuk Wisata

(travel.detik.com)-SEMARANG; Setelah sempat tutup 4 bulan akibat pandemi, wisata Lawang Sewu Semarang kembali dibuka. Lengkap dengan konsep New Normal.

 

“Hari ini kita tanda tangani rekomendasi operasional objek wisata salah satunya Lawang Sewu,” kata Kadisbudpar Kota Semarang, Indriyasari di Lawang Sewu, Kamis (9/7/2020).

 

Konsep baru yaitu menggunakan tiket yang di-scan di pintu masuk. Pembayaran bisa dilakukan cashless dan bisa dipesan sebelumnya. Cek suhu tubuh, tempat cuci tangan dan hand sanitizer menjadi hal wajib.

 

“Saya lihat kemampuan petugas sudah siap ingatkan soal social distancing. Di sini kan kebanyakan kegiatannya outdoor,” ujarnya.

 

Lawang Sewu, sudah melakukan uji coba sehingga melihat kelayakannya maka diputuskan untuk dibuka. Hingga saat ini sudah ada 54 tempat wisata dan tempat hiburan yang mendapatkan izin.

 

“Sekarang sudah 134 yang ajukan izin termasuk tempat hiburan. Yang di-acc 54 lokasi, rata-rata tempat hiburan, tempat wisata masih beberapa,” jelasnya.

 

Dirut PT KA Pariwisata, Totok Suryono mengatakan, pengelola juga menyiapkan ruang medis yang bisa digunakan untuk isolasi sementara jika ada pengunjung demam. Ruangan medis itu ada di gedung C.

 

“Ini digunakan untuk transit sampai ada penjemputan ambulan. Kita juga siapkan APD. Petugas juga sudah dibekali kemampuan untuk penanganan pertama,” kata Totok.

Ia juga menjelaskan, untuk jumlah pengunjung dalam satu waktu dibatasi tidak boleh lebih dari 3.000 orang karena kapasitasnya sekitar 7.000 orang untuk indoor dan outdoor. “Pembatasan jumlah dalam waktu bersamaan. sekitar 3.000 orang,” tandasnya.

 

Untuk jam operasional Lawang Sewu, selama masa pandemi akan dibuka pada pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB dengan harga tiket yang masih sama yaitu Rp 10 ribu. Pintu masuk ditukar dengan pintu keuar yaitu pintu masuk sekarang dari Jalan Pemuda.

 

(rdy; ddn; Angling DHITYA Purbaya;  Bahan dari : https://travel.detik.com/travel-news/d-5087128/hore-lawang-sewu-kembali-dibuka-untuk-wisatawan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close