Wisata dan Kuliner

Festival-Boalemo-Diramaikan-100-Kapal-Yacht

SEKITAR 100 yacht dari berbagai negara meramaikan festival wisata bahari Boalemo pada rangkaian ajang Sail Tomini 2015. 100 kapal yacht yang terdiri dari Australia, Prancis, Belanda, Inggris, Selandia Baru, Malaysia, Kanada, dan AS akan melakukan parade di sepanjang pantai Bolihutuo, kab-Boalemo, Gorontalo pada 9-14/9/15.

”Hingga saat ini kapal yacht yang sudah konfirmasi untuk hadir ada 68 kapal yacht,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti melalui keterangan tertulis yang diterima Media Indonesia, Kamis (20/8).

Esthy mengatakan sesuai daftar, 100 kapal yacht siap membawa keluarga mereka dan kru minimal satu kapal dengan tiga hingga empat orang. Jika dirata-ratakan pengeluaran per orang perhari mencapai hinhha US$105 yang terdiri dari bahan bakar minyak (BBM), makan, minum dan belanja.

“Jadi, kalau dikalikan dengan 400 orang, pengeluaran wisman per hari sekitar US$42 ribu yang memberikan dampak terhadap masyarakat sekitar dan negara,” kata Esthy.

Apalagi pada festival tersebut juga akan diramaikan dengan event lainnya seperti Festival Timbilotohe, Festival Layang-Layang, Pemilihan Nou dan Uti (Duta Wisata Tahun 2015), Festival Kuliner, dan Lomba Bahari (Lomba Jetski, Perahu Dayung, dan Selam). Ada juga yacht rally (kunjungan kapal layar), Gelar Budaya Multi Etnis, Festival Karawo, Tebar Benih di Apartemen Ikan (yupi) dan pameran potensi daerah.

”Yang juga tidak ketinggalan ialah atraksi dan seni budaya khas Sulawesi Tengah dan Gorontalo, kuliner daerah, handycraft, batu akik dan penampilan artis-artis Indonesia,” tambah Esthy.

Ia berharap melalui Festival Boalemo itu dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Gorontalo dan wilayah sekitarnya dari sektor pariwisata bahari.

”Kami juga berharap festival ini mampu mempercepat pembangunan dan pengembangan potensi sumberdaya kelautan dan pariwisata Indonesia guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil serta menjadikan Boalemo sebagai daerah tujuan wisata nasional dan internasional,” pungkas Esthy. (H-2; http://www.mediaindonesia.com/misore/read/3076/Festival-Boalemo-Diramaikan-100-Kapal-Yacht/2015/08/20)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close