Psikologi

Membuat kamar tidur nyaman

Membuat kamar tidur jadi minimalis, selalu rapi bukan hal sulit. Faktanya, kamar tidur merupakan tempat termudah dibanding ruang lain untuk diubah jadi minimalis. Keuntungan kamar tidur minimalis adalah terciptanya suasana damai, harmonis dan ketenangan pada jiwa dan pikiran Anda.

 

Bagi Anda yang butuhkan tempat istirahat nyaman-tenang selepas beraktivitas seharian, penting mulai meluangkan waktu dan mendisiplinkan diri menciptakan kamar tidur minimalis rapi. Bagaimana ya caranya?

 

Inti merapikan kamar : Simpan yang Diperlukan, Singkirkan yang Tak Diperlukan. Ini yang musti Anda ingat selalu setiap merapikan kamar tidur minimalis. Idealnya kamar tidur hanya sebagai tempat untuk tidur-beristirahat, bukan tempat menyelesaikan pekerjaan kantor atau bsebagai tempat nonton TV dan makan.

 

Benda elektronik seperti TV, laptop dan lain lain di kamar membuat Anda melakukan kebiasaan tak sehat yang memicu stress, seperti bolak-balik buka laptop hingga larut malam, ketiduran dengan TV menyala, atau kamar Anda kotor dengan remah roti dan makanan yang dibawa ke dalamnya.

 

Kualitas tidur Anda jadi buruk karena terganggu urusan kerja, suara TV atau kamar yang kurang bersih. Daya tahan tubuh turun karena Anda kebiasaan begadang hingga larut malam dan tidur keadaan cemas atau kurang rileks. Ini musti dihindari dalam kamar tidur minimalis.

 

Segera pindahkan TV ke ruang keluarga dan pindahkan laptop dan dokumen kerja ke ruang khusus. Anda jadi bisa relaks ketika sampai di kamar tidur dan mulai tidur yang sehat dan berkualitas. Tidur berkualitas bisa meningkatkan kualitas kesehatan dan kehidupan Anda.

 

Singkirkan Furnitur & Barang tak Diperlukan hingga Kamar  jadi Lapang. Tapi, jangan kaku. Anda juga bisa menyimpan buku, alat untuk mendengar musik dan lain sebagainya yang justru bisa membantu Anda rileks di kamar tidur. Yang perlu selalu diperhatikan adalah cara penyimpanannya.

 

Jika Anda gemar baca buku favorit sebelum tidur, simpan dengan baik di rak buku secara rapi. Begitu juga dengan kaset atau CD. Nah, Masalah baru timbul ketika Anda beli barang baru untuk koleksi. Sebaiknya agar kamar tidak penuh, tiap 6 bulan 1x pilih lagi buku yang bisa disingkirkan dan yang bisa disimpan.

 

Singkirkan benda yang 6 bulan jarang disentuh dan tidak pernah digunakan. Lebih baik disumbangkan daripada berdebu di kamar. Contoh Penempatan Lemari Buku atau Kaset Bahan Koleksi di Kamar Tidur Minimalis. Intinya jangan sampai jumlah barang melebihi kapasitas lemari di dalam kamar.

 

Menambah lemari untuk menyimpan tambahan koleksi SANGAT TIDAK DIANJURKAN karena bukan membantu mendisiplinkan diri, justru membuat kamar menjadi penuh kembali dan berantakan lagi. Hal yang sama juga berlaku untuk koleksi pakaian, CD, kaset atau majalah.

 

Hias kamar tidur minimalis Anda secara sederhana. Kesederhanaan ruang biasanya mampu memberikan suasana tenang-damai. Anda bisa menginstall wall sticker floral pada kamar, memberi sentuhan asri dari tanaman hias kecil, atau sekedar meletakkan pajangan mungil yang cantik.

 

Kalau mau, pilih ruang yang berjendela besar pada kamar tidur minimalis, sehingga sirkulasi udara lancar, ruang tidak pengap dan nyaman untuk beristirahat. Dengan adanya jendela besar, tanpa hiasan kamar terasa indah dari panorama taman rumah dan sinar matahari yang terang di pagi -siang hari.

 

Sehingga  tidak perlu terlalu banyak furnitur dan ornamen untuk membuat kamar tidur nyaman digunakan. Hias Kamar Tidur Minimalis Secara Sederhana dengan Wall Sticker atau Hiasan Lain untuk Memperindah Ruangan. Disiplin satu kunci yang harus diingat jika Anda ingin punya kamar yang selalu rapi.

 

Selalu kembalikan barang yang digunakan ke tempat semula setiap kali selesai digunakan. Setiap hari, atau maksimal setiap 3-7 hari sekali, bersihkanlah kamar Anda dari debu. Sebaiknya ganti seprai dan sarung bantal tiap minggu 1x untuk menghindarkan diri dari serangan tungau dan kuman penyakit.

 

Bisa juga menambahkan air purifier untuk menjernihkan udara di dalam kamar sehingga Anda bisa bernafas dengan lega. (http://desainrumahgratis.com/trik-jitu-agar-kamar-minimalis-selalu-rapi-dan-nyaman/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close