Iptek dan Lingk. Hidup

Mengelola jerawat

Jerawat pasti tidak menyenangkan siapapun, baik pria-wanita. Bagi wanita, jerawat muncul ketika akan, saat, dan setelah menstruasi. Dan, jerawat akan membuat muka terlihat kotor dan kusam. Jerawat akan muncul akibat gangguan regenerasi sel-sel kulit atau keratinisasi.

 

Regenerasi kulit yang tidak sempurna itu menyebabakan sel kulit lama mempertahankan diri dengan mengunci kelenjar minyak dan pori-pori. Juga menahan sebum (minyak alami pada kulit) dan protein di bawah permukaan kulit. Protein dan minyak itu jadi makanan bagi P.acnes, bakteria penyebab jerawat.

 

Beberapa pakar mengatakan banyak cara menghindari jerawat, salah satunya mengonsumsi makanan sehat. Walau makanan sehat hanya mempengaruhi timbulnya jerawat sebesar 25%, dan sisanya faktor hormone, stres, pola tidur, lingkungan dan cara merawat diri, namun makanan dapat mempengaruhi.

 

Beberapa makanan yang jadi pilihan untuk dikonsumsi mencegah timbulnya jerawat, antara lain:

 

•    Zinc
Orang berjerawat hanya punya kadar mineral zinc lebih rendah dibanding yang tidak berjerawat. Zinc membantu mencegah pertumbuhan P. acnes. Zinc terkandung di kalkun, kacang almon, dan gandum.

 

•    Selenium
Selenium berfungsi sebagai antioksidan melindungi kulit dari radikal bebas, misalnya gandum, ikan tuna, ikan salmon, bawang putih, telur dan beras merah.

 

•    Vitamin A
Vitamin A berfungsi regenerasi sel kulit. Dan, vitamin A terdapat pada minyak ikan, ikan salmon, wortel, bayam dan brokoli. Hati-hati mengkonsumsi suplemen, karena konsumsi vit-A berlebih berakibat vit-A bertindak sebagai racun, terutama saat masa kehamilan dan menyusui.
•    Omega
Mengonsumsi omega menghindari Anda dari serangan jerawat menyebalkan. Omega meredakan peradangan pada kulit akibat jerawat. Banyaklah mengonsumsi ikan salmon, ikan sardine, kenari, biji bunga matahari dan kacang almond.
•    Gula
Salah satu kandungan yang dapat mencegah jerawat adalah gula. Anda dapat mengonsumsi gula yang terdapat pada roti putih, kentang, minuman dan camilan.
•    Vitamin C dan E
Konsumsilah sumber vit-C alami : Jeruk, lemon, pepaya dan tomat. Atau vit-E pada kentang, kacang-kacangan, minyak zaitun, biji bunga matahari, alpukat, brokoli dan sayuran hijau.
•    Air putih
Selain mencegah dehidrasi, air membantu mengeluarkan racun tubuh yang menyebabkan masalah kulit, membantu metabolisme dan regenerasi kulit. Disarankan untuk mengkonsumsi 5-8 gelas perhari.
•    Susu
Susu mengandung suatu zat yang dapat meningkatkan kadar hormon (androgen) dan hormon tersebut dapat meningkatkan produksi sebum /minyak alami pada kulit. (https://id.she.yahoo.com/ini-dia–makanan-pencegah-jerawat-113236446.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close