YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Mudah lelah, tanda jantung lemah

Sering merasa cepat lelah meski hanya melakukan kerja ringan? Waspadalah bisa jadi itu gejala payah jantung (heart failure) atau umum disebut lemah jantung. Ini terjadi kala jantung gagal menjalankan tugas utamanya, memompa darah ke seluruh tubuh.

 

Penyakit payah jantung atau lemah jantung banyak diderita oleh kalangan lansia. Ini dikarenakan fungsi jantung yang memang menurun dimakan usia. Namun payah jantung juga bisa menimpa orang usia produktif.

 

Tugas utama jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan di paru-paru. Jika fungsi ini terganggu dan tubuh kekurangan asupan darah, timbul berbagai gejala, yang paing sering ditemui adalah mudah lelah.

 

Kemampuan jantung melaksanakan tugas secara alami berangsur menurun seiring usia bertambah. Penurunan semakin mencolok jika ada kondisi lain yang mempengaruhi, misalnya infeksi pada otot jantung.

 

Bisa juga karena serangan jantung koroner yang merusak otot jantung. Hipertensi yang parah turut serta membuat massa otot jantung membesar, sehingga detaknya tidak normal, atau karena gangguan fungsi katup jantung.

 

Gejala awal payah jantung adalah mudah lelah, sering batuk hingga sesak napas berat, dan detak jantung lebih kencang. Kalau sudah begitu, aktivitas harian pun bisa terganggu.

Cara mudah mencegah payah jantung, yakni berpola hidup sehat.

 

Hipertensi, serangan jantung koroner, dan lainnya yang merupakan pencetus payah jantung disebabkan pola hidup tidak baik. Cara mencegah yang paling efektif adalah pola hidup sehat: makan sehat, istirahat cukup, tidak stres, dan rajin olahraga. (Sumber: Gayahidupsehat 547; http://www.yakestelkom.or.id)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close