Kesehatan

Dampak kurang tidur

Arizona, Jika Anda tidur kurang dari 7 jam, bisa dipastikan itu bukan waktu yang cukup. Sebaiknya, jangan sepelekan jika Anda terlalu sering kurang tidur. Penyakit jantung dan diabetes tipe 2 sering disebut sebagai akibat dari Anda kurang tidur, tapi ada konsekuensi negatif lain akibat kurang tidur.

Seperti dikutip dari WomansDay, Jumat (2/8/2013) berikut 10 efek negatif tidur yang tak terduga dan sering dianggap enteng oleh sebagian besar orang:

1. Berat badan naik
“Kurang tidur memperlambat metabolisme dan meningkatkan nafsu makan. Hal ini juga membuat Anda menginginkan makanan yang tinggi lemak dan tinggi karbohidrat, “kata Michael Breus, PhD, psikolog dan spesialis gangguan tidur di Scottsdale, Arizona.

2. Murung
Ketika Anda lelah, mungkin akan terjadi perubahan pada emosi Anda misalnya mudah cengeng dan menangis. Menurut Lisa Shives, MD, ahli penyakit dalam dan obat tidur di Evanston, Illinois, penelitian menunjukkan 50% orang depresi karena masalah insomnia. “Neurotransmitter berperan dalam siklus bangun tidur berhubungan dengan hormon suasana hati misalnya serotonin. Jika Anda sering murung sebaiknya temui psikolog dan konsultasikan apakah murung yang Anda alami akibat kurang tidur atau sebaliknya,” kata Shives.

3. Mata bengkak dan terdapat kantung mata
“Bila Anda tidak tidur, tubuh Anda kehilangan kelembaban sehingga kulit menjadi dehidrasi. Hal ini bisa menyebabkan lingkaran di bawah mata Anda,” kata Joel Schlessinger, MD, dokter kulit dan ahli bedah kosmetik di Omaha, Nebraska. Schlessinger menyarankan untuk minum teh chamomile satu jam sebelum tidur. Teh ini tidak mengandung kafein dan bisa membuat santai serta melembabkan kulit. Atau bisa juga mengoleskan pelembab wajah atau krim mata agar kulit tidak kering.

4. Mengganggu pernikahan
Orang yang kelelahan cenderung kurang tertarik pada seks. “Para ilmuwan tahu bahwa orang yang kurang tidur biasanya lebih stres dan tingkat stres yang tinggi menyebabkan libido rendah,” kata Dr Shives. Selain itu, kurang tidur bisa menyebabkan perubahan suasana hati hingga mungkin saja tiba-tiba Anda menangis atau membentak pasangan dan itu membuat hubungan Anda berdua tidak baik. Sebaiknya, rencanakan kencan dengan pasangan seminggu atau sebulan sekali. Selain itu hindari menonton TV satu jam sebelum tidur agar kualitas tidur Anda lebih baik.

5. Daya tahan tubuh turun
“Para ilmuwan menyarankan orang-orang yang kurang tidur untuk mendapatkan vaksinasi karena orang yang tidak tidur selama tujuh atau delapan jam semalam, akan memproduksi sedikit antibodi,” kata Dr Shives. Jika Anda belum mendapatkan tidur malam yang cukup, Dr Shives menyarankan menjauhlah dari orang-orang yang sedang terkena flu dan konsumsilah makanan bergizi. Selain itu, coba redupkan lampu kamar satu jam sebelum tidur supaya Anda bisa lebih mudah terlelap.

6. Suhu tubuh rendah
Saat kurang tidur mungkin Anda akan merasa menggigil. Oleh karena itu, ketika Anda tidur, National Sleep Foundation menyarankan jagalah suhu kamar tidur sekitar 23 derajat celcius karena lingkungan yang panas bisa menyebabkan gangguan tidur. “Suhu tubuh Anda turun di titik terendah di tengah malam ketika Anda tidur. Jadi, saat waktu tidur Anda berkurang, suhu tubuh Anda mungkin mencoba untuk menurunkannya,” kata Dr Shives

7. Masalah mengemudi
Menurut studi dari Virginia Tech Transportation Institute pada April 2013, kelelahan menyebabkan satu dari lima kecelakaan mobil. Hal ini dikarenakan mengantuk saat menyetir bisa memperlambat waktu reaksi. Bahkan salah satu penelitian di Australia menunjukkan bahwa menyetir setelah sebelumnya tidak tidur semalaman, sama saja Anda menyetir dalam keadaan mabuk.

8. Tingkat stres tinggi
Menurut studi bulan Februari 2013 dari University of Surrey, Guildford, Inggris, tidur kurang enam jam per malam bisa mengganggu hormon pengatur stres. Akibatnya Anda bisa merasa lebih cemas. Supaya lebih mudah tidur, coba lakukan meditasi dengan menarik napas dalam dengan posisi duduk dan mata tertutup. Kemudian lakukan peregangan santai misalnya dengan gerakan yoga atau meletakkan kaki di dinding.

9. Kurang konsentrasi
Apakah Anda merasa sulit berpikir dan konsentrasi di keesokan paginya setelah malamnya Anda kurang tidur? “Itu karena kurang tidur bisa mempengaruhi kemampuan Anda untuk belajar dan mengingat informasi baru,” kata Janet Kennedy, PhD, psikolog klinis dan spesialis tidur di New York City.

Secangkir kopi berkafein mungkin membantu Anda untuk tetap waspada. Tapi ada dua tips lagi yang bisa Anda lakukan yaitu pergi tidur di waktu yang sama setiap malam dan bangun di waktu yang sama setiap pagi, bahkan saat akhir pekan. Kedua, tidurlah beberapa menit di siang hari untuk sedikit menggantikan waktu tidur yang kurang.

10. Lebih sulit berolahraga
Anda mungkin masih bisa mengangkat beban berat dan berlari cepat meskipun sebelumnya kurang tidur. Tetapi karena Anda tidak terlalu berkonsentrasi, olahraga mungkin akan terasa lebih berat dari biasanya. Menurut Dr Breus, rasa kantuk pasti akan menghambat kegiatan latihan Anda. Ia menyarankan sebaiknya setelah makan tunggulah dua sampai tiga jam baru kemudian pergi tidur
(Vit-http://health.detik.com/read/2013/08/02/180124/2323140/763/10-efek-negatif-tak-terduga-akibat-kurang-tidur)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close