Psikologi

Konsistensi pada jalurnya

Untuk menggapai tujuan yang lebih besar kita sering melupakan hal yang fital dalam kesuksesan yaitu konsistensi. Kerja keras tanpa didukung konsistensi akan selalu putus ditengah jalan dan tidak menghasilkan apa-apa atau bahkan merugi waktu dan materi.

Faktor yang menyebabkan gagal atau terputusnya niat usaha kita, semangat yang tadinya berapi-api jadi surut bahkan mati sedang usaha kita telah berada setengah jalan. Penting sekali arti konsistensi Anda dalam usaha atau dalam bidang apapun.

Penyebab inkonsisten terutama kurangnya pengetahuan tentang sesuatu yang kita jalani, dari kurang menguasai persoalan, kurang modal atau dukungan hingga kita tidak tahan uji menghadapi persoalan hingga berhenti total atau beralih ke jalur lain dengan resiko belajar dari nol dan meninggalkan jalur yang telah kita jalani.

Disini kita diuji melewati berbagai masalah untuk jadi lebih baik dan tahan terhadap cobaan dan goncangan yang menerpa. Mustahil menjadi besar dan menguasai bila tidak dengan kerja keras dan konsistensi dan menghadapi segala persoalan degan mencari jalan solusi dan menjaga eksistensi.

Menekuni disatu bidang membuat kita lebih menguasai seluk-beluk persoalan karena waktu kita hanya untuk satu bidang. Lihatlah atlit profesional, mereka berlatih hanya di satu cabang olah raga tidak dua taupun tiga cabang olah raga, bahkan ada yang berlatih dari anak-anak hingga dewasa.

Mereka mampu berprestasi Internasional, bekerja keras dan konsisten dari anak-anak menghabiskan waktu bermain mereka, tapi yang mereka dapatkan sebanding dengan yang telah ia korbankan. Bahkan dengan menekuni satu pekerjaan saja mereka mampu menghidupi keluarganya dengan baik.

Memulai segala sesuatu dari yang mudah dandisuka membuat kita tidak mudah jenuh. Banyak orang berusaha menimba ilmu dari orang lain dengan banyak mengeluarkan modal dan tenaga tapi dia lupa potensi besar yang dia miliki. Potensi diri itu lebih baik kita gali dan pupuk menjadi sesuatu nilai jual yang tinggi, entah itu bakat atau keahlian.

Banyak dari kita tergiur atau pindah haluan Karena lagi trend sehingga kita ikut-ikutan beralih ke jalur yang lain, padahal yang kita pelajari belum tentu sesuai dengan keahlian kita atau tidak sesuai dengan kondisi tertentu. Kenapa tidak mulai menggali potensi dari dalam sendiri?.

Banyak yang menjadikan hobi sebagai pekerjaan tetap mereka yang menciptakan kesenangan dan menghasilkan bahkan dengan hobi itu menjadi sumber kehidupan. Jangan mudah ganti haluan yang tidak kita kuasai karena godaan itu begitu kuat hingga menggoyahkan kita kejalur yang tidak benar.

Jadi jaga konsistensi Anda dan terus bekerja keras jangan mudah berganti haluan untuk hasil yang lebh besar. (http://dheyon.blogspot.com/2013/02/pentingnya-konsistensi.html#.VAOP_qOWrFw)-Aguk

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close