Kesehatan

Obat pikun ada didapur

TEMPO.CO, Jakarta – Salah satu pengobatan yang paling menjanjikan untuk penyakit Alzheimer atau pikun ada di dapur Anda. Bahan alami yang ditemukan di dalam rempah2 bernama kunyit ini telah digunakan orang Asia selama ber-abad2. Studi menunjukkan kunyit berkhasiat mengobati penyakit otak, salah satunya pikun.

“Kunyit telah menunjukkan kemampuan untuk memasuki otak, mengikat dan menghancurkan plak beta-amyloid yang ada di penyakit Alzheimer, dengan mengurangi racun,” kata Wellington Pham, Professor dari Universitas Vanderbilt Medical Center seperti dilansir Science Daily, Senin 12 Januari 2015.

Pengumpulan dan penimbunan protein yang dikenal sebagai beta-amyloid, mendorong hilangnya neuron yang tidak dapat diubah pada penyakit Alzheimer. Mengembangkan molekul kecil untuk membuat penimbunan dan melakukan pembongkaran sangat penting, tapi kemampuan molekul2 kecil melintasi penghalang darah otak jadi faktor yang membatasi pengiriman obat masuk ke dalam otak.

Pham dan rekan-rekannya di Universitas Shiga Ilmu Kedokteran di Otsu, Jepang, mengembangkan strategi untuk memberi molekul mirip kunyit agar lebih efektif menuju otak. “Salah satu kesulitan dalam pengobatan penyakit pikun adalah bagaimana memberikan obat di penghalang darah otak,” kata Pham.

Tubuh kita telah merancang penghalang itu untuk melindungi otak dari setiap molekul beracun yang dapat melintas ke otak dan membahayakan neuron.Tapi penghalang itu merupakan penghalang alami untuk molekul yang dirancang untuk pengobatan modifikasi penyakit.

Untuk mengatasi masalah pemberian obat melalui infus, peneliti memutuskan mengembangkan alat penyemprot guna menghasilkan aerosol kunyit. Para peneliti Jepang mengembangkan suatu molekul mirip dengan kunyit, FMeC1, yang digunakan dalam penelitian ini.

Keuntungan dari FMeC1 : Senyawa yang dapat dilacak dalam otak, menggunakan pencitraan resonansi magnetik. “Kunyit adalah struktur kimia yang sederhana, sehingga tidak mahal untuk menghasilkan konektor analog, “kata Pham. (http://www.tempo.co/read/news/2015/01/15/060634965/Obat-Pikun-Ini-Ada-di-Dapur-Anda)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close