Kesehatan

Banyak makan daging merah memicu penuaan dini

KOMPAS.com – Peneliti dari University of Glasgow di Skotlandia mengatakan, usia biologis bisa jauh lebih tua dan kebiasaan mengonsumsi daging bisa jadi penyebabnya. Ya, makan terlalu banyak daging merah mempercepat usia biologis tubuh Anda, menurut penelitian yang baru diterbitkan di jurnal Aging.

 

Tidak seperti usia kronologis (ulang tahun) Anda, usia biologis tergantung kesehatan gen dan telah terikat erat dengan risiko penyakit yang berkaitan dengan usia seperti demensia, Alzheimer, osteoporosis, dan kanker.

 

Bagaimana dengan daging organik? Walau daging merah organik dinilai tidak mempercepat proses penuaan biologis, pengolahan konvensional dengan menggunakan fosfat yang bertujuan meningkatkan umur penyimpanan, kelembutan, dan rasa daging, bisa berdampak buruk bila dikonsumsi terlalu banyak.

 

Meski fosfat diperlukan membantu fungsi sel2 tubuh, kelebihan fosfat tidak dapat diproses oleh tubuh, menyebabkan tingginya tingkat kimia dalam darah. Beberapa studi telah mengaitkan tingginya tingkat fosfat dengan penyakit jantung, penyakit ginjal kronis, tulang lemah, dan bahkan kematian dini.

 

Hubungan antara peningkatan konsumsi daging merah dan kematian dini telah dicatat dalam beberapa studi, termasuk sebuah tinjauan terbaru yang meneliti lebih dari 1,5 juta orang di Journal of American Osteopathic Association.

 

Banyak dari studi ini yang berspekulasi bahwa peningkatan risiko dari semua penyebab kematian adalah karena fakta bahwa orang yang makan banyak daging merah cenderung makan sayur lebih sedikit, sehingga tubuh hanya memiliki sedikit antioksidan sebagai pelindung dan nutrisi sel.

Saran terbaik, jangan biarkan daging merah terutama daging olahan memenuhi porsi makan harian. Di samping makan daging apapun, perbanyak buah2an dan sayuran. Jika Anda sangat ingin makan daging merah, pastikan untuk makan dalam jumlah wajar (tidak lebih dari tiga porsi 3-ons per minggu).

 

Dan selalu membeli daging merah organik.  (Ayunda Pininta; Bestari KUmala Dewi; Yahoo News; http://health.kompas.com/read/2016/07/27/210900823/Terlalu.Banyak.Makan.Daging.Merah.Sebabkan.Penuaan.Dini?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close