Psikologi

Dunia Fana

Yang tiada membentuk yang ada. Yang kosong membentuk yang isi. Jika selama ini Anda memandang segala sesuatu berdasarkan dari apa yang ada maka cobalah sesekali memandang segala sesuatu berdasar dari apa yang tiada.

Apakah yang membentuk rumah? Pintu jati yg mahal? Dinding berlapis wallpaper jutaan ? Jendela berukir yg mewah? Lantai granit yg mahal? Bukan. Yang membentuk rumah adalah karena adanya ruang kosong diantara semua materi mahal yg tadi saya sebutkan.

Apakah yang membentuk manusia? Nama yang keren? Kulit yang dibanggakan? Wajah yang tampan atau cantik yang berusaha dijaga? Bukan. Semua itu tak akan ada artinya tanpa adanya ruang kosong diantaranya.

Yang kosong membentuk yang isi. Non materi membentuk materi. Ketiadaan membentuk yang ada. Yang tak nampak membentuk yang nampak. Jadi untuk apa membanggakan yg nampak jika yang tak nampak akhirnya tak terurus bahkan tak dikenali?

Cari tahu dan kembangkan unsur apa yg tak nampak dalam diri Anda sehingga unsur yg nampak menjadi lebih bernilai. Pandanglah hidup dari yang tak nampak. Keheningan yang Anda luangkan akan membentuk kebahagiaan hidup Anda.

That is wonderful life. Salam hebat dari toilet, salah satu tempat dimana keheningan bisa ditemui. (Adi Djoko)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close