Iptek dan Lingk. Hidup

Gunung Berwarna Warni

Seperti halnya Surat Ar Rahman 19-20 yang menyebutkan fenomena alam berupa pertemuan dua lautan yang tidak bercampur; ternyata fenomena gunung berwarna-warni yang difirmankan Allah dalam Surat Al Fahir 27, pun benar adanya.

Meski demikian, mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui fenomena alam yang indah berupa gunung-gunung yang berwarna-warni di Zhangye Danxia, provinsi Gansu, Cina. Al-Qur’an telah menginformasikan fenomena alam tersebut 14 abad yang lalu.

Apakah Nabi Muhammad SAW pernah ke Cina? Mungkin saja karena beliau sebelum diangkat nabi adalah pedagang. Tapi tempat ini bukan lah tempatnya berdagang. Atau mungkin beliau tidak pernah ke Cina.

Kita yakin informasi di dalam Al Quran bersumber dari wahyu Allah SWT semata,
أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجْنَا بِهِ ثَمَرَاتٍ مُخْتَلِفًا أَلْوَانُهَا وَمِنَ الْجِبَالِ جُدَدٌ بِيضٌ وَحُمْرٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهَا وَغَرَابِيبُ سُودٌ
“Tidakkah engkau lihat Allah menurunkan air dari langit lalu dengan air itu Kami hasilkan buah-buahan beraneka macam . Di antara gunung2 itu ada garis2 putih-merah yang Beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat.” (QS. Fathir 27)

Mengapa Firman Tuhan menyebutkan gunung beraneka warna, apakah memang seperti tampak rupanya atau ada makna yang lebih mendalam? Ambil yang sederhana dan mudah dilihat, bahwa kata dalam Firman itu adalah berupa tampak rupa nyata, yaitu warnanya.

Gunung di China ini tampak seperti hamparan pelangi karena itu orang menyebutnya ‘rainbow mountain’. Gunung pelangi seluas 300 kilometer persegi ini merupakan bagian dari Zhangye Danxia Landform Geological Park yang terletak di provinsi Gansu, China.

Bukit dan lembahnya terdiri dari lapisan warna merah, biru, hijau zamrud, coklat, dan kuning. Meski demikian, di sana tidak ditemui tumbuhan atau hewan apapun karena kondisi tanahnya yang tandus.

Fenomena alam menakjubkan ini merupakan geomorfologi petrografi yang terbentuk karena kondisi lingkungan. Menurut Telegraph, warna-warni perbukitan menakjubkan itgu berasal dari batuan pasir merah dan mineral yang terbentuk sejak Periode Kapur, tepatnya 24 juta tahun lalu.

Gunung ini menampilkan pola warna yang berbeda, tergantung kondisi cuaca dan pencahayaan matahari. Warna-warni gunung ini makin kontras jika turun hujan pada hari sebelumnya. Saat gunung ini pertama diketahui khalayak melalui foto yang beredar di dunia maya, banyak yang beranggapan pola pelanginya merupakan hasil rekayasa komputer.

Tetapi kini Zhangye Danxia Park menjadi salah satu objek wisata paling dicari di China. Apakah gunung ini juga bisa dijadikan tujuan umroh umat Muslim? Kenapa tidak . Maha benar Allah dengan segala firman-Nya. (Surjadi MK-72; https://www.tumblr.com/search/ar%20rahman%2019%2020)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close