Kesehatan

Hati2 anak obesitas sebabkan pubertas dini

KOMPAS.com – Tak sedikit orang yang beranggapan anak gemuk berarti sehat dan terlihat lebih menggemaskan. Alasan ini sering membuat ortu ingin anaknya gemuk. Padahal kelebihan berat badan, berefek buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menyebabkan pubertas dini pada anak.

Anggapan ini ada sejak tahun 1997. Hasil studi juga bisa menjadi bukti tentang kebenaran hal ini. Dalam jurnal Trends in Endocrinology and Metabolism, sebuah studi oleh Herman Gidden et al menembukan, bahwa beberapa anak di Amerika Serikat telah mengalami pubertas saat awal masuk SD.

Ternyata, ada hubungan timbal balik antara massa lemak yang berlebih dan pubertas dini. Lemak yang berlebih dalam tubuh seseorang dengan usia pra-pubertas, akan memicu produksi hormon tertentu. Hormon itulah yang kemudian mempercepat pubertas seorang anak.

Selain itu, penambahan bobot yang cepat saat bayi dan konsumsi susu formula juga berhubungan dengan pubertas yang akan datang lebih cepat pada anak. Obesitas yang terjadi di usia dini, nyatanya memiliki konsekuensi yang lebih menakutkan dibandingkan pubertas dini.

Karena itu, jagalah berat badan anak tetap di angka ideal. Banyak studi menunjukkan, kegemukan pada anak2, berpengaruh pada kegemukan di usia dewasanya. (Bestari Kumala Dewi; sumber intisari online dan ; http://health.kompas.com/read/2015/06/19/083000723/Hati hati.Obesitas.pada.Anak.Sebabkan.Pubertas.Dini)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close