Iptek dan Lingk. Hidup

KRI Teluk Bintuni kapal angkut Tank buatan lokal

Jakarta – Industri pertahanan dalam negeri memang tak dapat dianggap sebelah mata. PT Daya Radar Utama (DRU) berhasil memproduksi kapal jenis Angkut Tank atau landing shift tank (LST) berteknologi canggih untuk mendukung pemenuhan alutsista khususnya bagi TNI Angkatan Laut.

Adalah KRI Teluk Bintuni-520 yang berhasil diproduksi oleh PT DRU yang proses penyelesaiannya melibatkan anak bangsa lulusan Institut Teknologi Surabaya (ITS). Kapal ini diserahterimakan kepada Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu di galangan PT DRU, Lampung, Rabu (17/6).

“Pembangunan KRI Teluk Bintuni-520 ini merupakan bagian dari program pembangunan kekuatan pertahanan untuk mewujudkan kekuatan pokok minimal atau minimum essential forces (MEF),” ucap Ryamizard dalam keterangan pers Kemhan yang diterima detikcom, Kamis (19/6/2015).

KRI Teluk Bintuni, kata Ryamizard, dapat memperkuat TNI AL mendukung program pemerintah Indonesia untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Kapal ini dirancang untuk bisa mengangkut tank MBT Leopard milik TNI AD yang berbobot 62,5 ton dan tank BMP-3F milik Marinir.

“Pembangunan KRI Teluk Bintuni-520 yang dilaksanakan oleh PT. DRU sebagai salah satu bentuk pembinaan pemerintah terhadap kemampuan industri dalam negeri sebagai upaya untuk mengurangi ketergantungan pada negara lain dalam pengadaan alutsista di masa mendatang,” jelas jenderal (purn) bintang 4 itu.

Kapal LST itu terbuat dari baja khusus pada bagian hulu (lambung). Baja khusus itu dari PT Krakatau Steel. Spesifikasi KRI Teluk Bintuni panjang 120 meter; lebar 18 meter, dan tinggi 7,8 meter. Kapal dengan draft 3 meter tersebut memiliki ketahanan di laut (endurance) 20 hari. Kapal didesain untuk mampu mendarat di pantai.

KRI Teluk Bintuni mampu mengangkut 10 Tank Leopard, 476 orang (kru dan pasukan), serta 1 unit helikopter. Menhan meneruskan serahterima kapal ini ke Mabes TNI dan TNI AL. Rencananya KRI Teluk Bintuni diproyeksikan memperkuat jajaran Komando Lintas Laut Militer TNI AL (Kolinlamil) dan akan segera beroperasi. (elz/rvk; http://m.detik.com/news/read/2015/06/19/013114/2946495/10/ini-kri-teluk-bintuni-kapal-angkut-tank-leopard-buatan-dalam-negeri)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close