Iptek dan Lingk. HidupWisata dan Kuliner

Mandi bersama Jelang Ramadhan di Klaten Jawa Tengah

Bulan suci ramadhan telah datang. Bulan penuh berkah ini disambut riang umat Islam. Berbagai tradisi menyambut bulan ramadhan terdapat di daerah-daerah di Indonesia. Salah satu tradisi yang ada di beberapa daerah adalah mandi bersama atau beramai-ramai.
Di Klaten, Jawa Tengah, dan Padang, Sumatera Barat, tua-muda, lelaki-perempuan, anak-anak sampai orangtua, berbaur bersama melakukan tradisi mandi bersama di tempat-tempat pemandian.
Seperti yang dilakukan warga Klaten, Jawa Tengah, menyambut bulan suci ramadhan, melakukan kegiatan mandi bersama atau padusan di Pemandian Umum Cokrotulung. Selain dimaksudkan sebagai simbol pensucian diri, air di pemandian Cokrotulung juga diyakini warga bisa membuat awet muda.
Seperti tahun2 sebelumnya, Pemandian Cokrotulung di Desa Kambalen Tulung, Klaten, Jateng, merupakan tempat favorit yang diserbu masyarakat sekitarnya menjelang bulan suci ramadhan untuk melaksanakan padusan, atau mandi bersama. Air yang jernih dan udara sejuk membuat ribuan masyarakat betah berjam-jam berendam sambil bercengkerama.
Pemandian Cokrotulung dijadikan pilihan tempat mensucikan diri menyambut bulan suci ramadhan, karena sebagian masyarakat meyakini airnya memiliki tuah yang dapat membuat awet muda. Selain itu, tempat pemandian Cokrotulung juga cukup nyaman untuk dijadikan tempat berrekreasi. (Sudaryono, Yohardi Y/Idh; http://www.indosiar.com/ragam/tradisi-mandi-bersama-sambut-ramadhan_21319.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close