TELKOMGrup dan SEKAR

Telkom membangun Data centre di negeri Singa

PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) memantapkan fokus melebarkan sayap di ranah bisnis internasional. Melalui perusahaan entitas Telekomunikasi indonesia International Pte. Ltd. Singapore (Telin Singapore), Telkom membangun data center dan Telecommunication Hub di kota negeri Singa tersebut.

Pembangunan ini telah diresmikan lewat groundbreaking ceremony melalui perwakilan kedua negara, yakni Menteri BUMN, Rini M. Soemarno dan Senior Minister of State (Trade and Industry), Lee Yi Shyan.
Data center yang bernama Telin Singapore Data Center dan Communication Hub ini merupakan salah satu bentuk sinergi regional antara Indonesia dengan Singapura.

Hal ini ditandai dengan kepercayaan pemerintah Singapura kepada Telin Singapore untuk membuka data center di wilayah Jurong. Data center yang dinamakan Telin-3 ini menjadidata center ketiga yang dimiliki dan dikelola Telin Singapore setelah data center yang berada di Changi dan Tai Seng.

Telin Singapore, melalui proses tender telah dipercaya oleh Pemerintah Singapura, yaitu Infocomm Development Authority of Singapore (iDA), Singapore Economic Development Board (EDB) dan Jurong Town Corporation (JTC) untuk membangun dan mengoperasikan data center di Jurong.

Data center tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 8.000 meter persegi dengangross floor area seluas 20.000 meter persegi berupa gedung 5 lantai. Data center yang ditargetkan beroperasi pada triwulan ketiga 2016 tersebut diharapkan dapat memperkuat posisi Telin Singapore sebagai strategic hub bagi Telkom Group yang menghubungkan Indonesia dengan wilayah belahan dunia lainnya.

CEO Telkom Group, Alex J. Sinaga mengatakan, Telin-3 akan memperkuat strategi inisiatif bagi bisnis internasional Telkom Group. “Telin-3 merupakan salah satu investasi kami di luar negeri yang sejalan dengan strategi pertumbuhan untuk memperkuat layanan kami dalam rangka menghubungkan mitra bisnis dan pelanggan dalam suatu digital supply chain,” ungkap Alex dalam keterangannya.

Ia menambahkan, aksi korporasi ini merupakan pengalaman yang baik bagi pihak Telkom Group dalam memulai pengembangan data center dan hub telekomunikasi, dan nantinya dapat mendorong pertumbuhan data creation dan digital business ecosystem untuk menciptakan pertumbuhan yang kompetitif dan berkelanjutan.

Septika Noegraheni Widyasrini, CEO Telin Singapore mengatakan, groundbreaking ceremony Telin-3 menandai suatu langkah penting bagi Telin Singapore.“Ini merupakan kerjasama yang kedua Telin Singapore dengan EDB, iDA, dan JTC setelah investasi fasilitas pertama kami di Changi.

Telkom Group telah berinvestasi selama beberapa tahun belakangan ini untuk membangun dan memperoleh aset strategis, kini kami akan segera memiliki infrastruktur terbaru dengan selesainya pembangunan Telin-3,” jelas Septika. (http://www.telkom.co.id/telkom-bangun-data-center-di-negeri-singa.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close