Kesehatan

Bayam tidak boleh dimasak 2x kah?

KOMPAS.com – Pernahkah Anda mendengar bahwa kita tidak boleh memanaskan sayur bayam dua kali? Isu yang beredar adalah jika kita memanaskan sayur bayam dua kali, maka sayur itu akan beracun. Benarkah hal tersebut?

Sayur bayam memiliki kandungan nitrat yang tinggi, dan sebagian orang mengatakan bahwa pemanasan yang terlalu sering akan mengubah nitrat menjadi zat penyebab kanker. Namun, sebenarnya senyawa nitrat merupakan senyawa yang stabil sehingga tidak mungkin berubah akibat pemanasan.

Penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry yang dilakukan pada manusia menunjukkan juga bahwa mengonsumsi sayuran dengan kandungan nitrat yang tinggi tidak menyebabkan kanker atau penyakit mengerikan lainnya.

Namun, tim Nutrifood Research Center dalam “Buka Fakta 101 Mitos Kesehatan” menyarankan untuk menghindari pemanasan sayur bayam dua kali, hal ini bukan karena alasan kanker, namun proses pemanasan akan mengurangi kandungan vitamin di dalam bayam itu sendiri.

Seringkah Anda memanaskan sayur bayam 2x? Lebih baik hindari hal itu (Nutrifood Research Center dalam “Buka Fakta 101 Mitos Kesehatan”. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama)-Lusia Kus Anna; Intisari online dan http://health.kompas.com/read/2015/06/20/170000823/Benarkah.Tidak.Boleh.Memanaskan.Sayur.Bayam.Dua.Kali.)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close