Kesehatan

Diabetasi aman berpuasa tapi perlu edukasi

KOMPAS.com – Program edukasi individual bagi diabetesi tipe 2 yang berpuasa Ramadan menunjukkan manfaat yang berarti. Terutama terkait dengan berpuasa yang aman untuk mereka.

Meski penyandang diabetes diperkenankan untuk tidak berpuasa, menurut Dr. Mahmoud Ibrahim, endokrinolog dan direktur Diabetes Education Center, McDonough, Georgia, banyak yang tetap memilih untuk menjalaninya.

Kalaupun memilih berpuasa selama Ramadan, American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan diabetesi tipe 2 memperoleh edukasi tentang cara berpuasa yang lebih aman.

Dalam pertemuan tahunan ADA di Boston, Dr. Ibrahim mempresentasikan hasil studinya terkait penyandang DM tipe 2 yang tahun lalu menjalankan ibadah puasa Ramadan. Sebanyak 774 partisipan studi pria-perempuan dengan DM2 dilibatkan. Hanya mereka yang tidak menggunakan insulin dan tidak memiliki komplikasi diabetes yang dimasukkan oleh Dr. Ibrahim dan koleganya.

Partisipan tersebut mendatangi satu dari 16 klinik berbeda di Mesir, Iran, Jordan, dan Arab saudi. Setengah dari klinik tersebut menyediakan program edukasi individual untuk meneliti responden, sementara setengah lainnya memberikan perawatan biasa.

Program edukasi ini mencakup penyampaian pesan tentang rencana makan, aktivitas fisik, pemantauan glukosa darah, dan komplikasi metabolik akut sekaligus memberikan rencana penanganan diabetes individual.

Setelah Ramadan, Dr. Ibrahim dan tim yang mempublikasikan hasil studinya dalam British Medical Journal menjumpai, bahwa partisipan yang menerima edukasi individual cenderung mendapatkan penanganan yang dimodifikasi selama Ramadan, memantau glukosa darah setidaknya dua kali sehari, serta memiliki pengetahuan lebih baik atas tanda dan simtom hipoglikemi. Indeks massa tubuh mereka juga berkurang secara nyata dan kontrol glukosa darahnya membaik.

“Misi kami tidak mengabaikan mereka, tetapi tetap membantu mereka menjalankan puasa yang lebih aman semampu kami,” tegas Dr. Ibrahim. (Diana Yunita Sari; Bestari Kumala Dewi; http://ramadhan.kompas.com/read/2015/06/19/130000623/diabetesi.aman.berpuasa.dengan.edukasi.individual)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close