Iptek dan Lingk. Hidup

Dibawah tanah Cipinang ada terowongan raksasa

Jakarta -Proyek pembangunan terowongan air ‘raksasa’ sodetan Sungai Ciliwung Cipinang, Jakarta Timur sepanjang 1,25 Km terus dikerjakan. Terowongan dengan 2 ruas ini masing-masing sudah mencapai progres panjang terowongan 600 meter dan 150 meter.

“Ada dua pipa yang akan dipasang masing2 tahap-1 600 meter dari outlet (tempat air keluar) di Kebon Nanas, Cipinang sampai tengah yakni Jalan Otista III. Pipa pertama tembus 600 meter, pipa kedua sudah tembus 145 meter dari 600 meter yang direncanakan.

Ditargetkan September ini bisa selesai 600 meter lagi untuk pipa kedua,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di lokasi proyek, Selasa (28/7/2015).

Proses konstruksi seharusnya lebih cepat dari target, yaitu dijadwalkan selesai pada Oktober 2015. Sayangnya, untuk tahap kedua proyek ini masih belum bisa dikerjakan karena masih terhambat proses pembebasan lahan.

Hambatannya, pembebasan lahan di kawasan Bidara China yang akan jadi lokasi inlet atau tempat masuknya air dari sisi Sungai Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) : 1,25 Km. “Kita sudah layangkan SP 1 (surat perintah) untuk warga. SP 2 akan dilayangkan lagi ini semoga bisa diterima dengan baik” katanya.

Proses pembebasan lahan di sisi Inlet ini molor dari rencana awal yang bisa selesai di Februari 2015, namun baru bisa benar-benar dibebaskan pada Agustus 2015.

“Pekerjaan dari outlet ke tengah segera selesai. Yang dari inlet ke tengah karena menunggu pembebasan lahan yang baru selesai Agustus 2015, kemungkinan selesai konstruksinya jadi mundur ke Agustus 2016,” tuturnya.

Seperti diketahui proyek penanganan banjir di Jakarta yaitu sodetan Sungai Ciliwung berbentuk terowongan air sepanjang 1,25 km ini terdiri dari bagian inlet yang ada di sisi Sungai Ciliwung dan sisi outlet yang ada di sisi Kanal Banjir Timur (KBT).

Terowongan ini akan dipasang 988 pipa air bawah tanah. Pipa ini dipasang 14 meter di bawah tanah. Batang-batang pipa raksasa sepanjang 2,5 meter dan berdiameter 3,5 meter ini. (Sugeng Wahjudianto-72; dna/hen; http://m.detik.com/finance/read/2015/07/28/210019/2977496/4/di-bawah-tanah-cipinang-ada-terowongan-raksasa-sepanjang-600-meter)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close