Islam

Masjid pertama di Jepang dibangun Indonesia

TOKYO, KOMPAS.com-Pembangunan masjid pertama Indonesia di Tokyo, Jepang, rencananya dilakukan 17/7/15. Peletakan batu pertama pembangunan masjidini dilakukan seusai pelaksanaan shalat Idul Fitri bersama di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT), sekitar 15 menit dari Stasiun Kereta Api (KA) JR Meguro Tokyo.

“Rencana pembangunan masjid ini sejak 15 tahun lalu, tetapi terhambat, terutama karena dana. Alhamdulillah hambatan ini teratasi saat saya menjabat sebagai Dubes di sini sehingga rencana tadi terlaksana,” kata Yusron Ihza Mahendra, Dubes RI untuk Jepang, kepada Tribunnews.com, (1/7/15).

Rencananya, akan dilakukan upacara untuk menandai dimulainya pembangunan Masjid Tokyo ini pada tanggal 1 Syawal 1436 Hijriah (17 Juli 2015).

“Insya Allah kita akan melakukan peletakan batu pertama 17 Juli nanti, bertepatan dengan hari raya Idul Fitri. Rencananya, upacara akan dilakukan sekitar pukul 08.00 pagi setelah selesainya shalat Idul Fitri gelombang pertama,” katanya.

Biaya pembangunan masjid diperkirakan mencapai sekitar 120 juta yen. Dana terkumpul dari berbagai donatur warga Indonesia dan Jepang yang dilakukan selama ini dengan penyebaran informasi dari mulut ke mulut serta selebaran mengenai masjid tersebut.

“Sumbangan antara lain dari PT Astra sebesar Rp 5 miliar dan dari Pertamina juga Rp 5 miliar. Ditambah lagi sumbangan dari berbagai individu dan lembaga lain. Beberapa calon kontraktor sedang menghitung biaya pembangunan dan hasil perhitungan masing-masing akan kita seleksi, kontraktor mana yang akan membuatnya,” ujar sumber Tribunnews.com, Rabu.

Pembangunan masjid ini telah dilaporkan Dubes Yusron ke Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla pada saat keduanya berkunjung ke Jepang pada bulan Maret 2015. (Rihard Susilo; Fidel Ali Permana; http://ramadhan.kompas.com/read/2015/07/02/05105581/masjid.indonesia.yang.pertama.di.jepang.dibangun.pada.lebaran.tahun.ini)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close