Iptek dan Lingk. Hidup

Modifikasi pesawat ekonomi yang mengagumkan

Merdeka.com – Lembaga pemeringkat independen maskapai penerbangan, Skytrax mengeluarkan daftar terbaru maskapai terbaik dunia 2015. Dalam daftar ini, Qatar Airways menjadi maskapai terbaik dalam hal penyediaan kualitas makanan, kenyamanan kursi dan keramahan awak kabin.

Selain itu, Qatar Airways dinobatkan sebagai maskapai penerbangan kelas bisnis terbaik di Timteng.
Sebelumnya, Qatar Airways juga pernah ditetapkan sebagai maskapai penerbangan terbaik di dunia pada 2011 dan 2012 silam.

Maskapai penerbangan dunia kini berlomba memberi pelayanan terbaik dan membuat penumpang nyaman. Kelas ekonomi bahkan disulap atau dimodifikasi layaknya ‘hotel’.
Dilansir dari Business Insider, banyak maskapai penerbangan bekerja keras untuk meningkatkan kenyamanan penumpang melalui inovasi baru di kelas ekonomi.

Mulai dari modifikasi tempat duduk yang bisa menjadi kasur atau tempat tidur, hingga sistem filtrasi kabin yang menghasilkan udara bersih. Business Insider mencatat beberapa cara maskapai penerbangan memodifikasi pesawatnya agar membuat penumpang lebih nyaman. Berikut ulasannya:

1-Tempat duduk bisa jadi kasur
Kebanyakan kelas ekonomi di pesawat diatur : Kursi sempit tidak nyaman mengikuti baris standar. Namun, kondisi ini tidak akan Anda temukan di maskapai penerbangan Air New Zealand. Maskapai ini mengenalkan kursi ekonomi yang bisa diubah jadi tempat tidur datar. Mengubah ini hanya dengan menekan satu tombol saja.

Lengan kursi bisa ditarik dan kursi bisa langsung memanjang. Tidak hanya itu, sabuk pengaman juga ikut memanjang sehingga memberikan ruang berbaring. Di kasur ini, dua orang bisa berbaring bersama-sama secara horizontal. Namun, untuk mendapatkan layanan ini, Anda harus membeli 3 kursi sekaligus. Dua kursi dibayar standar, sedangkan satu kursi lagi hanya membayar setengah harga.

China Airlines juga menawarkan kelas ekonomi seperti Air New Zealand. Tiga kursi kelas ekonomi bisa menjadi tempat tidur yang sangat nyaman. Tempat tidur juga dilengkapi dengan bantal, selimut serta mainan untuk anak muda. Selain itu, Astana Air juga mempunyai fasilitas yang sama. Kelas ekonomi ini sangat nyaman untuk perjalanan jauh.

2-Hiburan lebih canggih
Sistem hiburan di maskapai penerbangan Virgin America patut diacungi jempol. Dalam penerbangan, maskapai ini menawarkan hiburan chatting antar penumpang di semua tempat duduk sehingga Anda bisa berbincang walau duduk berjauhan.

Selain itu, dalam hiburan ini Anda bisa menonton TV satelit, mendengarkan musik, hiburan permainan, belanja on-line, serta Google Maps. Tambahannya, Anda bisa memesan makanan dan minum melalui sistem ini kapan pun Anda suka.

Maskapai Singapore Airlines juga menawarkan hiburan serupa. Terbang dengan pesawat ini, Anda bisa menonton film terbaru, program TV, permainan, radio dan pada beberapa pesawat menyediakan port USB sehingga Anda bisa membuka file pribadi. Sistem ini menyimpan hampir 80 film, ratusan lagu dan program belajar bahasa asing.

Maskapai Emirates juga menawarkan hiburan yang sama. Sistem hiburan pesawat menyimpan lebih dari 1.500 film, acara TV, musik serta permainan. Tidak lupa, sistem ini juga menyiapkan langsung koneksi untuk berita dari BBC.

Selanjutnya, maskapai Qatar Airways juga menawarkan hiburan yang sama. Di maskapai ini, Anda memungkinkan untuk memilih lebih dari 2.000 hiburan termasuk film khas, acara TV, musik dan permainan serta Wi-Fi. Di beberapa penerbangan bahkan memungkinkan Anda untuk mengirim SMS dan MMS serta akses internet.

3-Bisa sewa iPad
Beberapa maskapai penerbangan dunia saat ini memberikan layanan penyewaan iPad selama penerbangan. Salah satunya penerbangan translantik dari New York ke Paris milik British Airways yang disebut OpenSkies.

Selai itu, Qantas juga menawarkan pilihan streaming di atas pesawat dengan perangkat sendiri atau menggunakan iPad yang bisa disewa. Penawaran seperti ini bisa ditemui di 2 kelas pesawat tipe B717 dan A330-200.

Maskapai lain yang menawarkan sewa iPad adalah Jetstar dengan harga USD 8. IPad tersedia di belakang kursi, tepatnya di depan Anda duduk. Melalui iPad ini Anda bisa menonton TV secara pribadi, serta Anda bisa mengakses film, acara TV, permainan interaktif, majalah dan musik.
Maskapai Philippine Airlines juga menawarkan hiburan serupa dengan biaya penyewaan iPad sekitar USD 15 untuk rute Timur Tengah termasuk Abu Dhabi, Damman, Riyadh dan Dubai. Hawai Airlines juga menyewakan iPad dengan biaya USD 15 sekali penerbangan.

4-Perlengkapan dan fasilitas untuk bersih-bersih
Perlengkapan untuk bersih-bersih selama ini mungkin tidak diperlukan jika bepergian dengan pesawat. Namun, untuk mereka yang bepergian jauh akan sangat nyaman jika diberi perlengkapan dan fasilitas untuk bersih-bersih seperti sikat gigi, sabun pembersih muka dan lain sebagainya.

Beberapa penerbangan dunia saat ini sudah menawarkan perlengkapan bersih-bersih, bahkan untuk kelas ekonomi. Misalnya, Virgin Atlantic yang menyediakan perlengkapan untuk bersih-bersih seperti pembersih telinga, sikat gigi, tisu dan lain sebagainya.

Singapore Airlines juga melengkapi penerbangannya dengan fasilitas ini. Maskapai menyediakan perlengkapan mandi, sikat gigi, pasta gigi, hingga kaus kaki. Pada Airbus 380 dan Boeing 777-300ER, Anda bisa mendapatkan majalah digital termasuk Wall Street Journal dan Elle Magazine.

Etihad Airways juga menawarkan perlengkapan dan fasilitas yang sama. Mulai dari fasilitas untuk tidur termasuk kaus kaki, sikat gigi, penutup telinga, dan penutup mata. Penumpang bisa memakai semua dan memberitahu staf untuk dibangunkan ketika ada makanan. Selain itu, maskapai ini juga menyediakan bantal yang bisa diubah menjadi bantal leher untuk tidur lebih nyaman.

5-Pengaturan tempat duduk melingkar
Beberapa pesawat milik Air New Zealand saat ini sudah mengganti posisi kursi di kelas ekonominya. Pada pesawat tipe 777-300, ekonomi premium menawarkan tempat duduk yang memberikan ruang privasi pada penumpang.

Sofa modern ini bisa diatur melengkung dan berputar sehingga Anda juga bisa duduk menghadap orang di sebelah untuk berbagi makanan. Jika tidak, Anda bisa berpaling untuk mendapat privasi.

Kursi ini sangat nyaman untuk orang yang ingin melanjutkan pekerjaan di pesawat melalui laptopnya. Selain itu, tempat duduk ini juga nyaman untuk orang yang ingin tidur dalam privasi.

Kelas ekonomi premium di pesawat ini memberikan kenyamanan tanpa harus membayar tinggi seperti kelas bisnis. (Idr; http://www.merdeka.com/uang/5-modifikasi-kelas-ekonomi-di-pesawat-ini-sangat-mengagumkan.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close