Wisata dan Kuliner

Wisata reliji Islam di Indonesia(1/4)

(Serial)-Apa kabar sobat pensiunan? Yuk kita ketemu dengan review tempat2 wisata indah dan menarik di Indonesia. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas daftar tempat wisata peninggalan sejarah budaya yang bercorak agama Islam di Indonesia.

Nusantara adalah negeri yang kaya keragaman budaya. Agama Islam hanyalah satu diantara beberapa agama yang tumbuh dan berkembang di Indonesia. Sejak lama Islam memberi pengaruh dalam berbagai segi kehidupan masyarakat Indonesia.

Masuknya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia membawa pengaruh, baik terhadap bentuk nilai, norma, adat istiadat maupun dalam bentuk hasil-hasil kebudayaan. Peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam di Indonesi dapat kita lihat dalam berbagai bentuk.

Bentuk peninggalan sejarah Islam antara lain tampak dalam seni bangunan, seni aksara dan seni rupa, seni sastra, serta tradisi dan upacara. Semuanya bisa kita saksikan di tempat-tempat wisata daerah setempat.

Secara umum, tempat wisata di Indonesia yang mendapat pengaruh agama Islam dibagi menjadi tiga, yaitu, masjid, keraton, serta nisan dan makam. Tiga jenis daya tarik wisata tersebut berhasil menyedot minat wisatawan, baik wisata religi agama Islam maupun wisata pendidikan. Oke, langsungs saja. Berikut ini daftar tempat wisata agama Islam di Indonesia.

Tempat wisata di semarang dan sekitarnya; Daftar Tempat Wisata Masjid Bersejarah di Indonesia
Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Islam. Masjid-masjid kuno yang berasal dari masa perkembangan Islam di Indonesia menarik kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri. Masjid tersebut antara lain:

Masjid Demak di Demak, Jawa Tengah,
Masjid Menara Kudus di Kudus, Jawa Tengah,
Masjid Agung Banten, Banten,
Masjid Agung Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat,

Masjid Agung Jogja, DI Yogyakarta,
Masjid Agung Surakarta, Jawa Tengah,
Masjid Sendang Dhuwur di Tuban, Jawa Timur,
Masjid Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur,

Masjid Baiturrahman Aceh, NAD,
Masjid Muara Angke di Jakarta,
Masjid Katanga, Makassar, Sulawesi Selatan, dan lain-lain

Mengapa masjid Indonesia dikunjungi oleh turis asing? Karena masjid Indonesia itu unik. Keunikan tersebut memberi ciri khas bagi setiap obyek wisata yang berupa masjid. Ciri khas bangunan kuno tempat wisata masjid di Indonesia adalah sebagai berikut:

Atap masjid berbentuk tumpang, yaitu atap yang bersusun, semakin ke atas semakin kecil, dan yang paling atas berbentuk limas. Jumlah tumpang umumnya ganjil, yaitu 3,5, dan seterusnya.
Di kiri dan kanan bangunan masjid terdapat menara sebagai tempat menyerukan azan.
Masjid agung terletak di dekat istana atau pusat pemerintahan.
Pintu gerbang masjid dilengkapi dengan gapura seperti pada keraton atau candi.

Masjid di Indonesia dilengkapi dengan bedug dan kentongan.
Di sekitar masjid biasanya terdapat tanah lapang yang disebut alun-alun dan biasanya masjid didirikan di tepi barat alun-alun. Alun-alun merupakan salah satu tempat wisata murah di Indonesia dan dimiliki oleh setiap kota atau kabupaten.

Pada jaman dulu, alun-alun berfungsi sebagai tempat kegiatan pertemuan sultan dengan rakyat dalam upacara-upacara tertentu, tempat latihan perang bagi para prajurit kerajaan, dan tempat perayaan pesta tertentu. Alun-alun saat ini berfungsi rekreatif, yaitu sebagai tempat hiburan bagi rakyat dari berbagai kalangan. (http://awalinfo.blogspot.com/2013/07/inilah-tempat-wisata-religi-di-indonesia.html-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close