Wisata dan Kuliner

Wisata Tour de Banyuwangi Ijen 2015

Jakarta – Setelah beberapa sukses sebelumnya, International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) kembali digela tanggal 6-9 Mei 2015 di Banyuwangi. Event wisata olahraga ini diharapkan bisa jadi promosi pariwisata.

“Diharapkan event ini bisa menjual keindahan alam Banyuwangi,” ujar Menpar Arief Yahya dalam jumpa pers International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (20/4/2015).

ITdBI tahun ini diikuti 20 tim pembalap sepeda yang berasal dari sekitar 27 negara. Kali ini pembalap akan menempuh 4 etape dengan total panjang rute 555 km. Ada garis finish yang akan dipusatkan di Taman Blambangan.

Event yang telah diadakan untuk keempat kalinya ini tentu memberikan banyak manfaat bagi Indonesia, khususnya untuk masyarakat Banyuwangi. Berbagai manfaat seperti jalan raya yang mulus bisa dirasakan oleh semua masyarakat di sana.

“Manfaat Tour de Bayuwangi Ijen itu ada konsolidasi infrastruktur, jalanan pasti bagus. Kedua konsolidasi budaya. Di setiap jalan, semua warga menampilkan seni dan itu tidak bayar. Mereka bangga karena kampungnya dikunjungi orang-orang dari berbagai belahan dunia,” ujar Kadisbudpar Kabupaten Banyuwangi Muhammad Yanuar Bramudya.

Ia menjelaskan selama ITdBI nanti, rute yang dilewati tidak hanya perkotaan saja tapi sampai ke jalanan di kampung2. Masyakat Banyuwangi akan dengan senang hati menyajikan pertunjukan seni untuk menghibur pengayuh sepeda yang lewat, sekaligus memperkenalkan budaya Banyuwangi. Semua ini mereka lakukan dengan senang hati tanpa dibayar.

Selain itu, diadakannya ITdBI masyarakat Banyuwangi bisa berkumpul di alun2 menyaksikan pameran dan event budaya lainnya. Seperti, sepeda free style, skate board hingga parade sepeda onthel. Event-event ini berlangsung terus selama 4 hari dan bisa dianggap sebagai pesta rakyat.

“Khusus tahun ini kita punya space khusus. Di alun2 masyarakat bisa menyaksikan garis finish; pameran kuliner dan budaya,” kata Bram.
http://m.detik.com/travel/read/2015/04/20/170829/2892669/1382/tour-de-banyuwangi-ijen-2015-siap-digelar-sekaligus-promo-wisata)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close