Wisata dan Kuliner

Festival bunga di Tomohon diikuti 10 Negara

SEBANYAK 10 negara ikut meramaikan parade kendaraan hias pada acara Tomohon International Flower Festival (TIFF). Kesepuluh negara itu antara lain dari Selandia Baru, AS, Australia, Prancis, Ghana, Vietnam, dan Filipina. Total peserta parade Festival Bunga ini mencapai 30 peserta.

Dari dalam negeri, selain diikuti peserta dari Kota Tomohon dan sejumlah daerah di kawasan Sulut, juga ada dari daaerah lain, BUMD, BUMN, serta sejumlah kementerian. Parade kendaraan hias TIFF itu, (8/8), dibuka Gubernur Sulut Sinyo Harry Sarundajang didampingi Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman.

Acara bertajuk Lets Join Flowers Extravaganza itu dihadiri Mentan Amran Sulaiman dan Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Kemenpar Raseno Arya. Sarundajang mengatakan penyelenggaraan TIFF terinspirasi dari Pasadena Flower Festival di AS. Ia berharap acara itu kelak bisa semenarik di Pasadena.

Ia juga berharap TIFF bisa meningkatkan devisa negara melalui kunjungan wisata dan industri kreatif maupun produk bunga yang selama ini menjadi ikon Kota Tomohon. Tomohon, selain terkenal dengan kawasan wisatanya, juga merupakan penghasil bunga hias.

“Acara ini untuk memperlihatkan pariwisata Tomohon.” Memang kawasan itu memiliki sejumlah tujuan wisata, seperti Danau Tondano, Danau Linow, Bukit Kasih, beserta kulinernya. TIFF yang terselenggara dua tahun sekali dimulai sejak 2008.

Namun, mulai tahun ini diselenggarakan setiap tahun. Sarundajang berharap komitmen pemda dan masyarakat untuk menjaga TIFF agar terus terselenggara.

Di sisi lain, Wali Kota Tomohon mengutarakan TIFF dimulai 7-12 Agustus menyelenggarakan rangkaian acara, antara lain Linow Lake 10 K, seminar, expo, dan yang paling menonjol ialah parade yang sekaligus merupakan lomba mobil hias.

Pada parade kendaraan hias, Selandia Baru menampilkan kreasi gunung tertinggi di Selandia Baru dan burung kiwi sebagai burung khas negara itu. India menampilkan kreasi bunga membentuk keajaiban dunia Istana Taj Mahal. Adapun Prancis menampilkan ikon Menara Eifel-nya. (http://www.mediaindonesia.com/mipagi/read/14260/10-Negara-Ramaikan-Festival-Bunga-Tomohon/2015/08/10)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close