Aku cinta Indonesia

Pengibaran bendera dibawah laut

BANDA ACEH – TNI AL akan mengibarkan bendera merah putih di bawah laut Sabang, Aceh, pada 17 Agustus nanti. Sang Saka Merah Putih akan dikibarkan melalui upacara militer layaknya memperingati HUT RI ke-70 di darat.

Selain pengibaran bendera, Korps Marinir bersama 200 penyelam profesional juga akan melakukan penanaman 1,2 juta hektare terumbu karang di bawah laut Pulau Weh, sehari sebelumnya atau pada 16 Agustus mendatang.

Pasi Intel Pangkalan Angkatan Laut Sabang, Mayor Laut M Akbar mengatakan, upacara pengibaran bendera merah putih mengambil posisi di bawah laut Pantai Gapang. “Persiapannya sudah selesai semua,” ujarnya, Jumat (14/8/2015).

Selain TNI AL, kata dia, para penyelam profesional dari berbagai komunitas pecinta selam (diving) ikut serta dalam upacara pengibaran bendera ini. Wakil Wali Kota Sabang direncanakan akan menjadi inspektur upacara.

Sementara aparat marinir bersama penyelam lainnya juga sedang mempersiapkan aksi penanaman terumbu karang. Selain untuk memeriahkan HUT RI, aksi ini merupakan bagian dari penanaman sejuta terumbu karang serentak di seluruh Indonesia yang diprakarsai TNI AL.

Untuk Sabang, penanaman terumbu karang akan dipusatkan di kawasan objek wisata bahari Pantai Gapang dan Iboh. Sabang dipilih karena saat tsunami 26 Desember 2004 lalu, banyak terumbu karang di sini yang rusak. “(Persiapan) penanamannya sudah 90 persen siap,” kata Komandan Batalyon Infantri 8 Marinir, Mayor Mar Gede Edy Supriyadi.

Aksi penanaman terumbu karang ini dijadwalkan ikut dihadiri Menteri Kelautan Perikanan, Susi Pudjiastuti dan Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar), Laksamana Muda TNI A Taufiqoerrachman. (ris; Salman Mardira;
http://m.okezone.com/read/2015/08/14/340/1196231/pengibaran-bendera-di-bawah-laut-sabang-meriahkan-hut-ri?utm_source=news_bt)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close