Kesehatan

Bahaya anyang anyangan

PERNAHKAH Anda merasa kebelet ingin buang air kecil, tapi pada saat buang air urin yang keluar hanya sedikit, atau hanya berupa tetesan? Itulah yang dipahami masyakarat sebagai anyang-anyangan.

 

Menurut dr. Jessica Florencia, anyang-anyangan adalah masalah kesehatan yang tidak dapat disepelekan. Anyang-anyangan didefinisikan sebagai perasaan tidak lampias saat buang air kecil disertai rasa panas atau nyeri. Hal ini normalnya tidak terjadi.

 

Pada saat buang air kecil, kantong kencing dalam keadaan penuh maka kantong kencing akan meremas air kencing keluar. Jika proses ini terganggu seperti pada gangguan saraf atau infeksi, maka proses buang air kecil dapat terganggu.

 

Wanita, secara umum lebih mudah untuk terkena infeksi saluran kencing karena ukuran saluran kencingnya pendek, hanya sekitar empat sentimeter, jika dibandingkan dengan saluran kencing pria yang dapat mencapai 12 sentimeter.

 

Ukuran pendek ini mempermudah bakteri masuk dan “memanjat” saluran kencing wanita serta menimbulkan infeksi. Infeksi saluran kencing ini seringkali menyebabkan anyang-anyangan. Anyang-anyangan juga dapat disebabkan karena kurang minum dan dapat diatasi dengan banyak minum.

 

Namun, jika anyang-anyangan terjadi dengan beberapa gejala lainnya seperti berikut ini:

  • Rasa terbakar saat buang air kecil
  • Sering kencing

 

  • Bau urin yang terlalu bau dan menyengat
  • Rasa tidak nyaman pada daerah perut bawah karena kontraksi kandung kencing
  • Demam, menggigil, nyeri perut atau adanya darah pada urin

 

Maka, kemungkinan penyebabnya adalah infeksi. Keluhan-keluhan ini perlu ditindaklanjuti dengan pemeriksaan diagnostik yang sesuai seperti pemeriksaan urin (urinalisis). Pengobatan perlu dilakukan dengan tepat dan segera agar infeksi tidak makin memburuk dan menyebar.

 

Lebih penting lagi untuk dilakukan tindakan pencegahan, menjaga kebersihan daerah kewanitaan setiap kali berkemih. Jangan menhan buang air kecil dan bersihkanlah kewanitaan dengan arah dari depan ke belakang untuk mencegah infeksi. (rtw; http://m.okezone.com/read/2015/10/03/481/1225457/awas-bahaya-mengintai-di-balik-anyang-anyangan?utm_source=wp_bt)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close