Kesehatan

Ditemukan cara agar anak suka makan sayur

KOMPAS.com – Masalah klasik yang kerap di alami oleh para orangtua; anak-anak menolak makan sayur. Kejadian ini tak jarang membuat orang tua merasa stres, hingga akhirnya mengambil alternatif pengganti sayur berupa suplemen multivitamin.

 

Tetapi ada kabar menggembirakan dari ilmuwan, yaitu cara agar anak-anak makan makan lebih banyak sayuran di piring saji mereka. Dalam jurnal Food and Nutrition Science, ahli konsumsi pangan Dr. Ariun Ishdorj dan rekan2nya menemukan cara yang cukup efektif membentuk pola makan sehat di sekolah.

 

Setelah menganalisa banyaknya sayur yang tertinggal di piring 8.500 anak-anak sekolah di Amerika, para ilmuwan menemukan, kombinasi antara menu utama dengan jenis sayuran sangat memengaruhi keinginan anak untuk makan sayur.

 

Mereka menyebutkan, sayur-sayuran akan lebih banyak dimakan bila dikombinasikan dengan makanan yang kurang populer atau membosankan. Misalnya, saat brokoli—salah satu sayuran yang dibenci, disajikan dengan kentang panggang atau nuget ayam, maka brokoli akan lebih banyak dimakan.

 

Sebaliknya, saat brokoli disajikan dengan menu yang lebih digemari seperti burger daging atau kebab daging, maka sayuran yang tertinggal di piring akan lebih banyak.

 

“Penelitian ini diharapkan bisa menjadi patokan agar sekolah menyediakan kombinasi makanan tepat agar anak-anak gemar makan sayur,” ungkap Dr. Ishdorj. Ini juga bisa menjadi masukan bagi orangtua saat menginginkan anak-anaknya lebih banyak makan sayur.

 

Kesimpulan dari penelitian ini, Anda bisa mulai menganalisa makanan apa saja yang menjadi kegemaran anak-anak dan makanan apa saja yang tidak begitu digemari. Lalu sajikan sayur dengan makanan yang kurang digemari, agar mereka makan sayur lebih banyak. (Bestari Kumala Dewi; Dailymail dan http://health.kompas.com/read/2015/10/06/090300323/Ilmuwan.Menemukan.Cara.Baru.Agar.Anak.Makan.Sayur)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close