Iptek dan Lingk. Hidup

Lapas Gunung Sindur penjara super ketat

Jakarta – Menkum HAM Yasonna Laoly memerintahkan agar GT dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur sebagai akibat terpergoknya terpidana 30 tahun penjara itu saat nongkrong di sebuah restoran. Seperti apa Lapas Gunung Sindur yang akan jadi ‘rumah’ baru bagi Gayus menjalani sisa hukuman?

Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (22/9/2015), Lapas Gunung Sindur berdiri di lahan milik Kemenkum HAM di RT 03/06, Desa Cibinong, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Lapas ini memiliki luas 2,4 hektare.

Pembangunan Lapas Gunung Sindur dimulai 2010. Saat ini Lapas sudah berpenghuni. Kemenkum HAM bersama BNN memutuskan membangun rutan baru di area Lapas. Sel baru ini khusus bagi para bandar narkoba kelas kakap dan ditujukan agar penjahat kelas berat dan berbahaya itu benar-benar terisolasi.

Soal keamanan, Lapas Gunung Sindur tak perlu ditanyakan, 3 lapis keamanan sudah disiapkan. Pengamanan maksimum tiga lapis akan diterapkan.

Petugas yang menjaga di lapas tersebut juga khusus. Petugas Kemenkum HAM akan ditugaskan di lapis terdalam. Lapis berikutnya diisi petugas BNN dan Polri. Jaringan telekomunikasi ditiadakan. Anjing pelacak juga yang akan menjaga lapas khusus itu.

Lapas Gunung Sindur dilengkapi dengan alat-alat canggih dan modern. Salah satunya, di lapas ini dipasang alat jammer sinyal handphone untuk memutus komunikasi jika ada napi yang lolos menggunakan handphone.

Kunjungan terhadap napi di Lapas Gunung Sindur akan diperketat. Napi juga tidak boleh kontak fisik langsung dengan para pengunjungnya. Komunikasi akan dibatasi waktunya.

Sebelumnya, Menkum HAM Yasonna Laoly marah besar saat tahu Gayus Tambunan bisa nongrong di restoran padahal masih berstatus sebagai narapidana. Yasonna langsung memerintahkan agar Gayus bisa segera dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur.

“Saya bilang ke Dirjen PAS, kita kirim saja ke Gunung Sindur Bogor, digabung bandar narkoba” jelas Yasonna di Istana, Jakarta 21/9/2015. (Hbb/Hbb; http://m.detik.com/news/berita/3025017/lapas-gunung-sindur-penjara-super-ketat-yang-jadi-rumah-baru-gayus)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close