Wisata dan Kuliner

Ikan Lambak goring-Gurame Balado kesukaan warga Jambi

JAMBI, KOMPAS.com – Pondok kuliner bergaya ‘kampung’ makin menjamur di Jambi. Tatanan meja, kursi bambu dan saung kecil dipercaya sanggup hadirkan ketenangan bersantap. Satu tempat santap baru berkonsep ‘kampung’ juga ada di jalan Sultan Agung, Murni, Jambi, persis di depan Bank Muamalat, namanya Pondok Princess.

Desi Aryanti pemilik Pondok Princes menyuguhkan tempat nyaman bersantap, juga menu khas Palembang-Jambi yang enak. Bukan asing bagi penjelajah kuliner, Jambi punya menu khas berbumbu durian yang melegenda, tempoyak. Menu beraroma khas durian dengan rasa asam, pedas, manis, gurih ini bisa Anda temukan di Pondok Princess.

“Kita ada tempoyak ikan baung, patin, toman dan lais,” kata Desi. Yang suka pindang dan gulai ikan baung bisa pesan di sini. Bila Anda jeli, rasa tempoyak yang disuguhkan Desi beda dengan khas Jambi. Rasa manisnya tak sekuat tempoyak Jambi. Kata Desi, ini beda kuliner khas Jambi dan Palembang. Selain tempoyak, di Pondon Princess Anda bisa pilih aneka menu yang mungkin jadi favorit Anda.

Pernah makan ikan lambak goreng? Terus ketagihan rasa dagingnya yang gurih dan kriuk? Tak perlu repot cari ke tempat kuliner yang menjajakannya, Anda bisa minta Desi menyajikannya. Dalam 15 menit, ikan lambak nan gurih akan terhidang di meja dan siap disantap.

Pondok Princess juga ada ayam goreng kremes yang lebih nikmat dengan cocolan sambal terasi. Rasa garing ayamnya bercampur sempurna dengan pedas dan segarnya sambal terasi. Menu lele goreng umum disajikan rumah makan, restoran, food court kuliner pinggiran juga ikut menyuguhkannya. Tapi bagaimana dengan lele kremes?

Anda yang belum pernah mencoba bagaimana rasanya lele kremes bisa mencicipinya di Pondok Princess. Balutan tepung yang menyelimuti daging lele terasa garing dan gurih. Lele ini disajikan dengan sambal terasi yang terasa sedikit manis dan pedas.

Selain menu2 ini, Anda juga bisa memesan menu lain yang sudah umum seperti gurame saus tiram, gurame cabai ijo, sambal udang pete, cah kangkung, tauge ikan asin, sayur asem, sop tulang dan banyak menu lainnya. Anda tidak harus makan berat di sini, meja, kursi dan saung kecil di Pondok Princess juga enak buat hang out.

Ada perkedel jagung, bakwan atau risoles yang bisa nikmati sebagai peneman santai, sembari menyeruput hot cappucino atau ice cappucino. Anda bisa datang ke sini mulai pukul 10.00 hingga 22.00. Banyak meja atau saung yang bisa dipilih sebagai tempat santai atau bersantap yang nyaman.

Soal harga Anda tidak perlu khawatir, sebab terjangkau, meski kantong Anda cekak. (Teguh Suprayitno; I Made Asdhiana; Tribune Jambi dan http://travel.kompas.com/read/2015/12/18/092500427/Ikan.Lambak.Goreng.dan.Gurame.Balado.Kesukaan.Orang.Jambi)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close