Kesehatan

Menurunkan berat badan memperbaiki kondisi Diabet

Diabetes Care : Hasil penelitian dari Universitas Newcastle : Lemak yang berakumulasi di pankreas jadi penyebab diabetes tipe dua. Bila satu gram lemak ini bisa dikurangi, maka produksi insulin bisa kembali normal. Sebanyak 18 penderita obesitas dan diabetes tipe dua yang dioperasi lambung dan diet ketat (membatasi asupan kalori 1200 kkal per hari) 8 minggu, diketahui membaik kondisinya.

Berat badan mereka– terdiri dari rentang usia 25-65 tahun– turun 13 persen. Tak hanya itu, partisipan studi ini juga kehilangan 0,6 gram lemak dari pankreas sehingga organ ini mampu memproduksi insulin dalam level normal.

“Untuk penderita diabetes tipe-2, penurunan berat badan memungkinkan lemak berlebih dari pankreas berkurang sehingga fungsi organ ini kembali normal,” kata Prof. Roy Taylor dari Universitas Newcastle.

“Jadi, jika anda bertanya berapa jumlah berat yang diturunkan agar diabetes pergi, jawabnya satu gram. Tetapi, satu gram ini merupakan lemak dari pankreas,” tambahnya dilansir telegraph.co.uk. (Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa; Editor: Jafar M Sidik; COPYRIGHT © ANTARA 2015 dan http://www.antaranews.com/berita/532732/berat-badan-turun-perbaiki-kondisi-penderita-diabetes)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close