Psikologi

Stres kok dipelihara

Tak jarang kita dengar kata “stress” yang identik “pusing”. Banyak yang mengeluh kepala pusing akibat menghadapi masalah yang dihadapi. Stress dapat diartikan, akibat kondisi yang tak menyenangkan (stressor) atau respon terhadap perubahan lingkungan sehingga kita tidak bisa menyesuaikan diri dengan keadaan yang ada.

Setiap saat, kita selalu menghadapi stressor dari lingkungan yang ada dan tak dapat dipungkiri adaptasi terhadap lingkungan itu harus dilakukan untuk bisa tetap melangsungkan hidup. dalam hal ini bisa saja tubuh kita terserang berbagai penyakit, sakit kepala, kardiovaskule, asma atau penyakit lainnya.

Hal ini memberi pengertian kondisi psikis kita tidak lepas dari kondisi fisik. Fisik dan psikis merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Cara yang dapat dilakukan mengurangi gangguan stress itu pertama coping stress, merupakan upaya menanggulangi situasi stress yang menekan akibat masalah yang dihadapi dengan melakukan perubahan kognitif dan perilaku untuk memperoleh rasa aman.

Ada coping focus pada masalah, merupakan cara mengurangi dampak stressor bukan menghilangkan. Sedang coping focus pada solusi, mengesampingkan masalah dan mencoba menemukan solusi dari masalah. Kedua self efficacy, yakni percaya diri. Menumbuhkan kepercayaan dalam diri seseorang merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengurangi stress.

Ketiga ketahanan psikologis, meliputi komitmen yang tinggi, tantangan tinggi, pengendalian yang kuat. Kondisi itu merupakan kondisi yang harus dibiasakan sehingga kondisi stress dapat ter-repress. Ketiga optimis, berpandangan segala sesuatu selalu merupakan jalan terbaik yang harus dilalui dengan senang hati dan percaya bahwa diri kita mampu.

Keempat dukungan social, hasil penelitian disebutkan remaja yang punya banyak teman sebaya (peer group) berdaya tahan tubuh (imun) lebih kebal dari remaja yang sedikit teman sebaya. Kelima identitas etnik, merupakan keterkaitan terhadap budaya dilingkungannya. Seberapa kuat pengarus budaya yang memiliki pengaruh berbeda itu mampu tertanam dan tertancap dalam diri individu.

Secara teori kelima hal itu merupakan cara mengurangi stress yang sering kali kita alami. Beberapa cara mengurangi stress yang direkomendasikan yakni, jangan terlalu sering menyendiri karena dengan menyendiri mampu berfikir kesegala arah yang negative sekalipun, selalu positive thinking meskipun saya menyadari bahwa itu sangat sulit.

Minimal kita berusaha membangkitkan kesadaran untuk hal ini, kenali diri anda, jangan menunda masalah dan segera selesaikan, kadang cuek acuh tak acuh juga diperlukan untuk beberapa kondisi namun jangan sampai lepas control, proyeksikan stress itu pada kegiatan yang membawa manfaat pada diri kita seperti olahraga dan berbagai hobi lainnya.

an yang terakhir dekatkan diri kita kepada Allah swt, kita pasrahkan semua urusan pada Allah setelah kita berusaha secara maksimal dan syukuri hasil yang ada. Masalah merupakan bagian dari hidup, namun Bahagia hak semua orang (Dinda Rahmawati; http://www.kompasiana.com/dindara/stres-kok-dipelihara_54f44ceb745513802b6c8a11)-FatchurR
————-

Sajian lainnya :
1. Renungan HARI IBU
2. Siapakah isteri kita
3. Hormatilah ibumu
4. 14 Manajemen hidup
————

Renungan HARI IBU
• Tahukah Bahwa yang pertama tinggal di Masjidil Haram itu ‘W A N I T A’. Dialah ‘Siti Hajar’ . istri Nabi Ibrahim ‘AS.
• Tahukah engkau, yang pertama beriman kepada Rasulullah SAW adalah ‘W A N I T A’. Itulah istri beliau ‘Siti Khadijah’ RA.

• Tahukah engkau, darah yang pertama tumpah di jalan ALLAH itu darah ‘W A N I T A’ .
Itu darah ‘Syahidah Sumayyah’ ibunya Ammar Bin Yasir.
• Tahukah kau, Allah menurunkan Al-Qur’an. Di dalamnya ada Surah ‘W A N I T A’ (An-Nisaa’). Itu surah ke 4, dan surah terpanjang ke 4 dalam Al-Qur’an, ada 176 ayat setelah Al-Baqarah 286 ayat ; Al-ARaaf 206 ayat dan Ali Imran 200 ayat. Surah ‘Ar-Rijaal’ (Laki2) tidak kita temukan didalam 114 Surah.

• Tahukah engkau Nabi Saw bersabda : “aku berwasiat pada kalian agar bersikap baiklah terhadap
‘W A N I T A’ . Itulah kalimat yang beliau ulang2 hingga 3x dalam khutbah perpisahan beliau (wada’) sebelum beliau meninggalkan kita semua selamanya.

• Tahukah engkau, bahwa Surga itu terletak dibawah kaki Ibu (Wanita) “Al-Jannatu Tahtaa aqdaamil Ummahaat : “Surga itu berada dibawah telapak kaki Ibu”
Adakah kemuliaan yang melebihi semua ini bagi ‘W A N I T A’ ? Katakanlah wahai para wanita : “Alhamdulillahi ‘Alaa Ni’matil Islam” (Habib Umar Bin Hafizh).

Jadi, Islam memuliakan ‘W A N I T A’ . “Kecantikan wanita bukan dari pakaian yang dikenakan, bentuk tubuh yang ia tampilkan, atau cara mereka menyisir rambutnya. Kecantikan seorang wanita harus dilihat dari mata hatinya, kerana itu pintu hatinya, tempat cinta itu ada.” “CINTANYA TANPA SYARAT”.

Every Woman is Wonderful
Karena isteri, rezekimu bertambah. Karena isteri, maka lahirlah anak2mu.
Karena isteri, makan, pakaianmu dijaga. Karena isteri, tenang hati mu, lembut pandangan mata mu.
Karena isteri adalah satunya manusia yang boleh melihat cacat cela mu yang tersembunyi dari pandangan mata mu dan masih menerima mu seadanya.

Jangan sakiti hatinya, ingat tiap pengorbanan mereka, walau kecil bagimu, baginya besar.
Setiap peluh yang menitik, yang bekerja untuk keluarganya,
setiap airmata yang menitis untuk anak-anak dan suaminya adalah salah satu tanda,
dia isteri yang terbaik buat anda wahai yang bergelar suami.

renungan sepintas lalu. Mengapa WANITA sering menangis? Jawab Allah :
Karena WANITA itu unik. Aku ciptakan ia sebagai makhluk istimewa.
KU kuatkan bahunya utk anak2nya, KU lembutkan hatinya utk memberi rasa aman,
KU kuatkan rahimnya utk menyimpan benih manusia,
KU teguhkan peribadinya utk terus berjuang saat yg lain menyerah,

KU beri dia naluri utk tetap menyayangi, walau dikhianati teman, walau disakiti oleh orang yg disayangi.
WANITA makhluk kuat. Tapi jika suatu saat dia menangis itu kerana KU beri air mata utk membasuh luka batin & memberi kekuatan baru. WANITA sangat istimewa……

➡Wajah IBU paling→ cantik
➡Masakan IBU paling→ sedap
➡Kata IBU paling→ berharga.
➡Doa IBU paling→makbul
➡ Restu IBU paling di berkati:
IBU SANGAT SEMPURNA. Selamat Hari Ibu (Nurbaety Putri Priyatna; dari grup FB ILP)-FR
———

Siapakah isteri kita
Orang berkata, “Ada bekas istri/suami, tapi tidak ada bekas anak atau bekas ortu”.
Seorang Profesor melakukan riset kecil kepada mahasiswa2nya yang berkeluarga. Dia lalu meminta 1 orang mahasiswa untuk maju ke depan papan tulis.
Professor : “Tuliskan 10 nama orang yang paling dekat denganmu.”

Mahasiswa itu menulis 10 nama, ada nama tetangga, ortu, teman kerja, istri, anaknya, saudara, dst.
Profesor : “Pilihlah 7 orang diantara 10 nama tsb yang kamu benar2 ingin hidup terus bersamanya.”
Mahasiswa itu lalu mencoret 3 nama.
Profesor : “Silahkan coret 2 nama lagi.” Tinggalah 5 nama tersisa.

Profesor : “Coret lagi 2 nama.”
Tersisalah 3 nama yaitu nama ibu, istri & anak.
Suasana kelas jadi hening. Mereka mengira semua sudah selesai & tak ada lagi yang harus dipilih.
Tiba2 Profesor itu berkata : “Silahkan coret 1 nama lagi”

Mahasiswa itu tertegun sementara. Lalu ia dengan perlahan mengambil pilihan yang amat sulit itu dan mencoret nama ibunya. Profesor : “Silahkan coret 1 nama lagi!”
Hati sang mahasiswa makin bingung. Suasana kelas makin tegang. Mereka semua juga berpikir keras mencari pilihan yg terbaik.

Mahasiswa itu mengangkat spidolnya & dengan lambat ia mencoret nama anaknya. Saat itu mahasiswa tidak kuat lagi membendung air matanya, ia menangis. Awan kesedihan meliputi seluruh sudut ruang kuliah. Setelah suasana lebih tenang, Sang Professor akhirnya bertanya kepada mahasiswa itu,

“Kamu tidak memilih orang tua yang membesarkanmu, tidak juga memilih anak yang adalah darah dagingmu; kenapa kamu memilih istrimu? Toh istri bisa dicari lagi kan?”
Semua orang di dalam ruang kuliah terpana menunggu jawaban dari mulut mahasiswa itu. Lalu mahasiswa itu berkata lirih, “Seiring waktu berlalu, orang tua saya harus pergi & meninggalkan saya. Demikian juga anak saya. Jika dia sudah dewasa lalu menikah.

Artinya dia pasti meninggalkan saya juga. Akhirnya orang yang benar2 bisa menemani saya dalam hidup ini, bahkan yang dengan sabar dan setia mendampingi dan mensupport saya saat tertatih dan terseok2 berjalan menghadapi himpitan kehidupan untuk meraih karir hanyalah ISTRI saya”.

Setelah nenarik nafas panjang dia melanjutkan, “Orangtua & anak bukanlah saya yang memilih, tapi Tuhan yang menganugerahkan. Sedangkan isteri? Saya sendirilah yang memilihnya dari sekian milyar wanita yang ada di dunia”. (Bagoes Wedyasena-72; dari grup WA 72)-FR
————-

Hormatilah ibumu
Ketika kita lapar, tangan ibu yang menyuapi, ketika kita haus, tangan ibu yang memberi minuman.. Ketika kita menangis, tangan ibu yang mengusap air mata. Ketika kita gembira, tangan ibu yang menadah syukur, memeluk kita erat dengan deraian air mata bahagia.

Ketika kita mandi, tangan ibu yang meratakan air ke seluruh badan, membersihkan segala kotoran..
Ketika kita dilanda masalah, tangan ibu yang membelai duka sambil berkata : “Sabar nak, sabar ya sayang.”. Namun ketika ibu sudah tua dan kelaparan, tiada tangan dari anak yang menyuapi.

Dengan tangan yang gemetar, ibu menyuapkan sendiri makanan ke mulutnya dengan linangan air mata, tanpa memperlihatkan kesedihannya didepan anak2nya. Ketika ibu sakit, dimana tangan anak yang ibu harapkan dapat merawat ibu yang sedang sakit..? Ketika nyawa ibu terpisah dari jasad. Ketika jenazah ibu hendak dimandikan, dimana tangan anak yang ibu harap menyirami jenazah ibu terakhir kali..?

Tangan ibu, tangan ajaib, sentuhan ibu sentuhan kasih, dapat membawa kita ke Surga…
Jika doa ini adalah doa anda juga, silahkan di Aamiin kan. Yaa ALLAH : Berikan lah ibu umur yang panjang, kesehatan yang tak terbatas agar aku bisa berbakti kepada nya. (Nur Afandhi ; dari grup WA Sm78/79)-FR
————-

14 Manajemen hidup
1. MANUSIA yang paling berbahaya adalah “TUKANG GOSSIP”.
2. SENJATA yang paling berbahaya adalah ”LIDAH”.
3. KEBIASAAN yang paling merusak adalah ”KUATIR”.
4. PERASAAN yang paling tidak berguna adalah ”Tidak Percaya Diri”.

5. KEGAGALAN yang paling melumpuhkan adalah ”ALASAN” yang di ”BUAT – BUAT”.
6. KONDISI yang terburuk adalah Jika KITA tidak mempunyai ”HARAPAN”.
7. PAKAIAN yang paling indah di dunia adalah ”SENYUMAN”.
8. SUKACITA yang terbesar adalah ”MEMBERI”.

9. PEKERJAAN yang paling memuaskan adalah ”MELAKUKANNYA DNG PASSION”.
10. KOMPUTER yang paling hebat adalah ”PIKIRAN MANUSIA”.
11. ENERGI yang terbesar adalah dorongan ”SAAT SELARAS DENGAN PENCIPTA”.

12. OBAT TIDUR yang paling mujarab adalah ”PIKIRAN” yang ”DAMAI”.
13. DUA KATA yang penuh kekuatan adalah “SAYA BISA dan SAYA MAU”.
14. Alat Komunikasi yang paling Hebat adalah “PIKIRAN BERSIH”. (Andre W-A68; dari grup WA IAMDP)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close