Wisata dan Kuliner

Festival pesona Tambora meriah

Dompu-Kempar semakin gencar menggelar kegiatan2 meningkatkan kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi yang dikembangkan. Salah satunya, Festival Pesona Tambora 2016 yang diselenggarakan di Padang Savana Doro Ncanga, Dompu, NTB.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kempar, Esthy Reko Astuti, yang berkesempatan hadir mewakili Menpar mengungkapkan, pihak Kempar terus mendorong daerah2 di nusantara yang memiliki destinasi unggulan mengembang diri agar pariwisatanya bisa dikenal luas di-dalam dan luar negeri.

“Festival ini digelar sebagai dukungan kami dari pemerintah pusat ke Prop NTB mengembangkan pariwisatanya ketingkat dunia. Kempar terus berupaya mendorong pemda lain yang berpotensi wisata bagus dan punya destinasi wisata bagus untuk berkembang agar wisatawan dalam dan luar negeri bisa lebih mengenal keindahan alam Indonesia,” jelas Esthy Reko Astuti, di Dompu (16/4).

Dalam kegiatan Festival Pesona Tambora 2016 ini, beragam acara digelar Kempar bekerjasama dengan Pempro) NTB dan 2 kabupaten lain yaitu Kab-Dompu dan Kab-Bima. Kegiatan yang berlangsung 11-16 April 2016 ini dimulai dari pagelaran seni, Lomba lari ultra 320 Km, Lomba lari 100 Km, 50 Km, dan 25 Km.

“Selain itu, sejumlah event sport seperti Lomba pacuan kuda, Tambora Bike camp hingga ajang perlombaan motor trill di gelar secara meriah di padang savana yang berada di kaki gunung Tambora itu,” kata Esthy.

Gub-NTB, TGH M. Zainul Majdi, mengatakan, puncak acara yang digelar di Padang Savana itu, sejumlah atraksi digelar meningkatkan pariwisata berbasis alam. Salah satunya, atraksi Terjun Payung dari Pasukan Marinir TNI AL, Atraksi pagelaran seni tradisional khas masyarakat Dompu dan Bima, atraksi terbang rendah pesawat TNI-AL dan atraksi dari atas kapal tiga perang dari TNI AL dan Kapal dari Basarnas.

“Pastinya, Festival Pesona Tambora 2016 ini digelar pemerintah Provinsi NTB dan bekerjasama dengan pihak Kempar sebagai upaya kami membangun kawasan pariwisata berbasis ecotourism (wisata yang menjaga kualitas lingkungan)”.

“Selain itu, festival ini diselenggarakan di P-Sumbawa sebagai upaya memperkenalkan P-Sumbawa yang juga merupakan bagian dari provinsi NTB yang juga punya alam yang indah,” ungkap Gubernur NTB, TGH Muhammad Zainul Majdi saat ditemui di Padang Savana Doro Ncanga, Dompu, NTB (16/4).

Menurut Gubernur, Festival Pesona Tambora ini berdampak besar terhadap pariwisata di Pulau Sumbawa yang dikenal dengan Gunnung Tamboranya.

“Kami bersyukur, dengan Festival Pesona Tambora ini kini daerah2 seperti Dompu, Sumbawa dan Bima bisa dikenal luas. Terlebih pulau ini berpesona menarik yakni dengan adanya Gunung Tambora yang punya sejarah Gunung dengan ledakan terdahsyat di dunia yang terjadi 201 tahun yang lalu,” lanjutnya.

“Festival Pesona Tambora ini diadakan untuk kedua kalinya. Dan untuk data, selama setahun ini jumlah wisatawan yang datang dan berkunjung kesini makin hari makin meningkat sehingga daerah Dompu yang selama ini tidak dikenal jadi dikenal luas”.

“Hal ini tentu jadi berita yang membahagiakan bagi kami di NTB, karena tidak hanya pulau Lombok yang terkenal itu tapi kita juga punya pulau Sumbawa yang punya keindahan yang tak kalah dari Lombok,” tandasnya. (Chairul Fikri/FER; BeritaSatu.com dan http://www.beritasatu.com/food-travel/360442-puncak-festival-pesona-tambora-2016-berlangsung-meriah.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close