Opini dan sukses bisnis

Ingin usaha bisnis sendiri tapi banyak tapinya

Ketika teman ngobrol biasanya aku cuma diam menyimak, rata2 mereka sudah menikah, beranak dan galau karena harus meninggalkan anaknya demi cari duit alias tetep bekerja. Inginnya punya usaha bisnis yang bisa tetep ngurus anak tapi bingung bisnis apa? mau buka warung atau toko ngakunya gak punya modal duit dan banyak keluhan lain.

 

Kadang ada yang tanya padaku soal “enaknya buka usaha ap?” dan disitulah aku bingung, kesulitan jawab. Aku sih jawab coba cari bidang sesuai bakat atau yang disukai atau hal sederhana yang bisa dilakukan dengan senang hati atau bahasa gaulnya sih passion gitu, tapi biasanya balik jawab “gak tau bakatnya, gak tau passionnya, gak tau gak tau gitu lah pokoknya.

 

Berdasar pengamatan orang2 sekitar rata2 kaum hawa yang sudah menikah dan punya anak biasanya ada aja yang mengidam sukses dengan usaha bisnis sendiri dirumah dimana bisa sambil ngurus anak dan pokoknya deket dengan keluarga. Tapi ya gitu ada dua ‘tapi’ utama yakni bingung mau usaha apa dan gak punya duit buat modal.

 

Tapi pada dasarnya gak hanya ibu-ibu aja sih yang ngidam punya usaha bisnis sendiri, bapak-bapak pun pastinya banyak yang penginnya wirausaha sendiri alias tidak jadi pegawai terus, tapi ya itu tadi ada banyak tapinya, dua contoh ‘tapi’ yang sering muncul adalah:

 

# TAPI gak tau mau buka usaha apa
# TAPI gak punya modal duit

 

Kalo menurut versi ketak-ketik sih memang banyak orang pengin sukses tapi banyak alasan, mungkin karena kebanyak mindset-nya orang itu seperti tulisan pada gambar dibawah ini loh.

Padahal sih setiap tapi-tapinya itu ada jawabannya, misal:

 

# TAPI gak tau mau buka usaha apa? makanya mari cari tau dong. Lirik sana sini, ambil peluang yang ada.
# TAPI gak punya modal duit? ingat duit bukan modal utama, modal itu bisa relasi dan tindakan. Misal ingin jualan, bisa kok jualan tanpa modal dengan cara ngejualin produk orang, kita nanti bisa dapat komisi. Setelah komisi terkumpul bisa dipakai untuk ngembangin usahanya biar lebih maju lagi.
# TAPI bingung bagaimana mulai menjalankannya? makanya ayo belajar dong.
# TAPI takut gagal? hemmm…., emang sudah nyoba? belum nyoba kok takut gagal.
‪#‎BAN Dll…..

 

Aku sendiri inginnya usaha bisnis sendiri, tapi tetep punya ketapian yakni ‘tapi males’ dan ‘tapi susah fokus’. Tapi seenggaknya agak mending karena aku TIDAK berpatokan duit adalah modal utama dan sudah mencoba meski belum berhasil-hasil amat. Mari mencoba melawan segala bentuk TAPI-TAPIan yang ada. (Akung Pras; Salam Ketak-Ketik, dr Pojokan;  http://widhawati.blogdetik.com/…/banyak-orang-ingin-usaha-b…)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close