Wisata dan Kuliner

Rudiantara reasmikan Smart Kampung di Banyuwangi

Banyuwangi.merdeka.com-Program Smart Kampung diresmikan Menkominfo, ‎Rudiantara pukul 14.00 di Lapangan Perkebunan Kalibendo, Kampunganyar Kec-Glagah, Banyuwangi. Meski hujan deras, launching digelar dan meriah. Juga digelar Puncak Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat XIII dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 44. Serta pameran produk unggulan UMKM‎ dari kecamatan2 se-Banyuwangi.

Menurut Bupati Abdullah Azwar Anas acara ini ada tiga event penting, yaitu launching program Smart Kampung, Puncak Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat XIII dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 44. “Tiga event ini penting karena semua basisnya keluarga. Sebagus apapun program kita, kunci suksesnya adalah keluarga” katanya (31/5).

Apa hubungannya dengan keluarga? Suami Ipuk Fiestiandani ini menjelaskan, peran keluarga penting untuk menangkal pengaruh negatif dari dampak teknologi. ‎”Keluarga adalah kunci suksesnya. Keluarga bisa menangkal pengaruh negatif dari internet dari kemajuan teknologi dan informasi,” jelasnya.

Ia berharap program ini terus ada perbaikan sesuai kebutuhan. “Program2 PKK bisa disinergikan dengan program2 pembangunan pemda” kata Anas. Di tempat yang sama, Rudiantara mengaku menyuport program yang digagas Pemkab Banyuwangi ini. Dia ingin Smart Kampung diaplikasikan di seluruh desa di Indonesia.

‎”Ini pertama di Indonesia. Program ini jadi model yang bisa diterapkan di Indonesia,” kata Rudiantara. Menurutnya negara cerdas selalu mulai pembangunan dari desa. Jadi tidak hanya smart city, namun kampung harus smart. “Di Indonesia ada 74.000 desa. Baru nol koma sekian desa yang smart karena di Banyuwangi terdapat 41 desa.‎ Jadi beruntunglah desa di Banyuwangi ini,” katanya lagi.

Ia menyebutkan program Smart Kampung belum bisa diterapkan di tiap desa. Alasannya tidak semua kabupaten di Indonesia memiliki APBD seperti di Banyuwangi.

Usai launching, Menteri ditemani Bupati meninjau Desa Kampunganyar pilot project Smart Kampung. Di balai desa Rudiantara menggelar dialog bersama warga. (FF/MA; Mochamad Adriansyah; http://banyuwangi.merdeka.com/info-banyuwangi/rudiantara-resmikan-smart-kampung-di-banyuwangi-160531y.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button