Kesehatan

Sayuran ini lebih baik dimasak matang

KOMPAS.com-Ini kerap jadi topik di kalangan pecinta sayuran: Mana yang mengandung gizi lebih baik, sayuran matang atau mentah? Di satu sisi, banyak yang berpikir memasak sayuran, akan melarutkan semua vitamin, kunci dari sayuran dan menghancurkan enzim hidup yang bermanfaat.

 

Tapi nyatanya, tak selalu demikian. Penelitian menunjukkan, memasak beberapa sayuran dapat memecah dinding sel yang keras dan membuat nutrisi lebih mudah menyerap.

 

Wortel
Hampir semua orang tahu wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Itu berkat senyawa yang disebut beta-karoten, yang memberi wortel warna oranye cerah. Beta-karoten diubah jadi vit-A dalam tubuh, yang penting membangun visi yang baik, kekebalan tubuh, dan kulit yang sehat. Tahun 2002, peneliti menemukan memasak wortel dapat meningkatkan jumlah beta-karoten yang mudah diserap tubuh.

 

Tomat
Saus tomat atau pasta tomat yang terbuat dari tomat segar yang dimasak, nyatanya lebih sehat ketimbang tomat yang dikonsumsi mentah. Saat Anda mengonsumsi tomat segar, maka Anda hanya mendapatkan sekitar 4% dari likopen antioksidan, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Ilmu Pangan dan Gizi Internasional.

 

Pasalnya, tomat mentah memiliki dinding sel tebal yang membuat tubuh kesulitan untuk menyerap likopen. Setelah mereka dimasak, likopen menjadi lebih mudah untuk diserap, kata Wendy Bazilian, RD, penulis Eat Clean, Tetap Ramping.

 

 

Bayam
Selain zat besi, folat dalam bayam penting untuk pertumbuhan sel dan kesehatan reproduksi. Sebuah studi tahun 2002 menemukan bahwa memasak bayam akan menjaga tingkat folat secara konstan.

Walau vitamin akan berkurang saat bayam mulai menjadi layu akibat pemanasan, sebenarnya tubuh mendapatkan folat yang lebih banyak setelah bayam dimasak.

 

Asparagus
Satu batang asparagus mengandung vitamin pelawan kanker seperti vit-A, C, dan E, serta folat. Tapi dinding sel yang tebal membuat tubuh sulit menyerap nutrisi sehatnya. Memasak asparagus akan memecah sel berserat, sehingga Anda bisa menyerap lebih banyak vitamin. (Bestari Kumala Dewi; Prevention.com dan  http://health.kompas.com/read/2016/06/21/040500023/Sayuran.Ini.Lebih.Sehat.Dikonsumsi.Matang.Ketimbang.Mentah?utm_campaign=related&utm_medium=bp&utm_source=bola&)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close