Kesehatan

Menghilangkan kantuk pagi hari(2/4)

(mediskus.com)- Yuk ikuti terus lanjutan seri ke 2 : 5-Buang air kecil lebih dulu dan jangan minum lagi Meski tak kebelet, sebaiknya tetaplah mampir ke toilet sebelum naik ke ranjang. Alasannya karena ginjal tetap bekerja semalaman hingga keesokan harinya, kandung kemih biasanya dalam keadaan penuh.

 

Bila malam, kandung kemih tak dikosongkan dulu, kemungkinan Anda terbangun untuk buang air. Hal ini otomatis menginterupsi waktu tidur. Kebanyakan orang berpikir, tidur berkualitas itu soal durasinya. Padahal kualitas tidur lebih ditentukan dari apakah seseorang mampu tetap terlelap tanpa gangguan. Itu alasannya buang air saat tengah malam dapat mengganggu kualitas tidur.

 

6-Hindari stimulan

Stimulan yang dimaksud di sini meliputi TV, gadget, musik keras, atau hal lain yang membuat tubuh on (adrenalin naik). Selain itu, stimulan juga berarti ‘PR’ yang tak terselesaikan di hari itu, yang berpotensi menyebabkan Anda kepikiran ketika tidur nanti.

 

Bila ada hal yang belum terselesaikan, tuliskan poin2nya sebelum tidur dan putuskan melanjutkannya keesokan harinya. Dengan begitu, Anda bisa naik ke ranjang dengan perasaan tenang karena tidak melalaikan apapun.
7-Keluarkan hewan peliharaan dari kamar

Hewan peliharaan tak jauh beda dengan stimulan tadi. Sama seperti anak2, hewan peliharaan berpotensi menginterupsi kualitas tidur apalagi jika mereka memiliki pola tidur berbeda. Kucing, mengira majikannya sudah bangun dan minta dimanja, padahal tuannya mungkin berganti posisi tidur saja.

 

8-Jangan tidur siang di atas jam 3 sore

Tidur siang terlalu sore dapat membuat mata tetap melek saat malam hari karena mengganggu ritme sirkadian. Jika ingin tidur siang, lakukan pukul 1-3 siang saja selama 30 atau 90 menit. Untuk menghindari puyeng saat bangun, jangan tidur kurang dari 30 menit atau lebih dari 90 menit.

 

9-Tidurlah hanya ketika mengantuk saja

Jika seseorang naik ke ranjang hanya karena merasa lelah, besar kemungkinan ia takkan tertidur. Penulis Sound Sleep, (Sound Mind: 7 Keys to Sleeping Through the Night, Barry Krakow), mengimbau agar kita bedakan antara perasaan lelah dan mengantuk.

 

Sarannya, setiap orang sebaiknya tidur hanya ketika benar2 mengantuk saja. Perhatikan Hal Ini Sewaktu Tidur Atmosfer ruangan sekitar juga menentukan kualitas tidur lho. (Mega Aprilianti; Bahan dari :  https://mediskus.com/tips/cara-menghilangkan-ngantuk-di-pagi-hari)-FatchurR *** Bersambung……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close