Kesehatan

Tanda Ginjal alami kerusakan

Metrotvnews.com, Jakarta: Ginjal, bagian terpenting setelah jantung. Ginjal banyak berperan untuk tubuh, di antaranya mengatur garam, kalium, dan kadar asam di dalam darah, menjaga tekanan darah, memproduksi vitamin D, dan mengontrol produksi sel darah merah.

 

Mengingat perannya yang besar, bisa dibayangkan jika ada gangguan pada fungsi ginjal. Sayangnya, itu banyak terjadi saat ini. Gaya hidup buruk, dan konsumsi obat jangka panjang membuat fungsi ginjal terganggu. Ditambah, terlambatnya deteksi sehingga kemungkinan sembuh menjadi lebih minim.

 

Kesehatan ginjal sudah sepatutnya menjadi perhatian. Selain menjaga pola hidup sehat, memperluas pengetahuan menjadi langkah agar deteksi dini penyakit bisa dengan mudah dilakukan.

Salah satunya, dengan mengetahui 6 tanda ginjal Anda mengalami gangguan.

 

  1. Terjadi pembengkakan

Mateo Ledezma, ahli ginjal di Los Angeles Medical Center menjelaskan, ginjal memiliki fungsi membuang limbah lewat urine. Jika ginjal tak bisa bekerja dengan baik, maka limbah akan menumpuk sehingga menyebabkan pembengkakan di jaringan tubuh, biasanya terlihat pada kaki.

 

  1. Jumlah urine sedikit

Saat terjadi gangguan fungsi ginjal, urine terjebak di dalam jaringan sehingga jumlah yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit.

 

  1. Merasa sangat lelah dan mengantuk

Salah satu fungsi ginjal adalah mengatur kadar hemoglobin. Ketika ada gangguan, maka jumlah hemoglobin pun menjadi menurun sehingga menyebabkan anemia dan menurunnya energi.

 

  1. Kehilangan nafsu makan, mual, hingga sulit berpikir

Masalah tersebut terjadi ketika ada banyak tumpukan sampah di dalam tubuh. Sampah tersebut telah mengontaminasi begian tubuh, termasuk perut dan otak.

 

  1. Tekanan darah meningkat

Seperti dijelaskan di atas, ginjal berfungsi sebagai pengatur tekanan darah. Saat terjadi gangguan, tekanan darah pun mengalami peningkatan. Salah satu yang mencolok adalah, ketika Anda tidak makan banyak makanan yang mengandung lemak jenuh, tetapi tekanan darah meningkat drastis.

 

  1. Palpitasi

Kerusakan ginjal yang telah parah menyebabkan tumpukan kalium dalam darah, yang membuat detak jantung menjadi tak normal. (DEV; Nia Deviyana; http://m.metrotvnews.com/rona/kesehatan/wkB8GavN-6-tanda-ginjal-mengalami-kerusakan)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close