Kesehatan

Zat besi dan lemak penting bagi remaja

Jakarta-Untuk sebagian kalangan, lemak sangat ditakuti. Namun, lemak justru dibutuhkan tubuh remaja. Mengingat aktivitasnya yang padat, lemak dapat menambah kalori tubuh. Tak hanya itu, di masa pertumbuhan, lemak dibutuhkan memproduksi hormon perkembangan tubuh dan hormon seksual yang mulai berkembang saat remaja.

 

“Saat anak-anak, lemak hanya dibutuhkan dalam.jumlah kecil, tetapi begitu memasuki usia remaja, porsi lemak yang dibutuhkan lebih besar ksrena dapat menunjang aktivitas yang padat dan juga untuk produksi hormon-hormon tubuh,” kata dr Otty Mitha Sp.A saat ditemui di sela talkshow Kalbefarma Cerebrofort Edukasi Tumbuh Kembang Anak Indonesia.

 

Selain lemak, zat besi adalah nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh remaja. “Terutama remaja perempuan, sangat membutuhkan zat besi karena setiap bulan mengalami menstruasi dan butuh zat besi lebih banyak untuk memproduksi sel darah merah,” ujar dr Mitha.

Kekurangan zat besi, lanjut dr Mitha, akan menyebabkan anemia. Tanda-tanda anemia adalah pucat, lemah, letih, dan lesu.

 

“Dalam jangka panjang, anemia akan menyebabkan penyakit jantung karena jantung bekerja terlalu berat untuk memompa darah,” jelas dr Mitha. (Mardiana Makmun/FER; Investor Daily dan http://www.beritasatu.com/gayahidup-keluarga/383791-lemak-dan-zat-besi-nutrisi-penting-untuk-remaja.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close