Kesehatan

Mengayun tubuh anak dengan menarik lengannya

KOMPAS.com-Tanpa disadari, banyak ortu suka mengayun dengan menarik lengan anak. Entah itu ketika bermain sambil me-mutar2 tubuh anak atau saat menuntun anak melompati lubang. Memang terlihat menyenangkan dan tak tampak berbahaya.

 

Anak2 biasanya sangat senang dan tertawa. Namun, mengayunkan anak seperti itu bisa berakibat pada  kondisi serius. Dokter bedah ortopedi, Amir Khan mengingatkan, anak bisa mengalami pergeseran persendian di siku atau nursemaid’s elbow. Kondisi itu dapat terjadi pada anak berusia 1-4 tahun.

 

Periode usia itu, bagian ligamen dan tulang anak belum tumbuh kuat sempurna. Mereka rentan mengalami nursemaid’s elbow. Nemours Foundation, sebuah situs kesehatan anak mengingatkan, anak2 yang sedang masa pertumbuhan rentan mengalami cedera. Ketika sering ditarik, ligamen yang menghubungkan tulang lengan atas dan bawah bisa longgar.

 

Nursemaid’s elbow terjadi ketika ligamen bergeser atau sobek. Cedera juga bisa terjadi ketika menarik lengan anak terlalu kencang atau menyentaknya.

 

Dokter Amir menceritakan, ia kerap melihat cedera pada bahu dan persendian siku karena orang dewasa mengayunkan tubuh anak dengan mengangkat lengan anak. Nursemaid’s elbow umumnya tidak akan menyebabkan kerusakan jangka panjang pada tulang anak. Tetapi, anak bisa menjerit kesakitan saat menggerakkan lengannya.

 

Tak hanya ortu yang perlu tahu. Pengasuh anak, atau siapapun yang mengajak anak bermain, sebaiknya menghindari cara mengayun itu. (Dian Maharani; Lusiia Kus Anna; Independent; http://health.kompas.com/read/2016/10/13/110611623/jangan.mengayun.tubuh.anak.dengan.menarik.lengannya)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close