Kesehatan

Memerangi depresi dengan kopi?

Liputan6.com, Jakarta Bagi pecinta kopi atau minuman dan makanan yang mengandung kafein lain, bersyukurlah, yang Anda konsumsi itu tidak hanya sekadar membantu Anda bangun di pagi hari dan jadi lebih aktif beraktivitas saja.

 

Sejumlah penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Tiongkok dari tahun 1980-2015 ditemukan bahwa mengonsumsi kafein, termasuk minum secangkir kopi, secara rutin juga dapat membantu menurunkan depresi.

 

Dalam situs Medical News Today, (21/11/16), penelitian yang melibatkan 346.913 peserta dan teliti menganalisis ± 8.146 kasus depresi itu juga membuktikan bahwa mengasup kafein rutin juga ampuh membantu mencegah mereka yang tidak menderita dari potensi mengalami depresi semasa hidupnya.

 

Namun, kafein pada kopi dinilai lebih efektif melawan depresi dibanding yang terdapat di teh. Sebab, kafein dalam kopi memiliki komponen-komponen penting seperti, asam chlorogenic, asam ferulic dan asam caffeic.

 

Tiga jenis asam itu bersifat anti-inflamasi atau melawan peradangan, khususnya sel saraf otak orang depresi. Selain tiga jenis asam itu, kandungan antioksidan alami di kafein juga membantu meringankan  ketidaknyamanan dan penderitaan yang disebabkan depresi. (Adanti Pradita; http://health.liputan6.com/read/2657255/perangi-depresi-dengan-secangkir-kopi?medium=Headline&campaign=Headline_click_7)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close