YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Hormon Endorfin-Stres dan rasa sakit alami

Ketika sedih atau stres, sebagian orang memilih menyendiri atau melakukan hal negatif guna melampiaskan apa yang dirasakannya. Padahal, di dalam tubuh kita sudah terdapat hormon endorfin yang bisa memberikan energi positif. Hanya, kemunculannya perlu dipicu.

Endorfin adalah hormon diproduksi kelenjar pituari dan sistem saraf pusat manusia. Hormon endorfin  pembunuh rasa sakit alami yang dihasilkan otak, hormon ini juga menimbulkan rasa senang / euforia. Meningkatnya jumlah hormon endorfin akan mengurangi efek buruk dari stres dan rasa sakit, melepaskan hormon seksual, menambah nafsu makan, dan meningkatkan respons kekebalan tubuh.

Pacu Hormon Endorfin dengan Cara Ini
Anda tertarik untuk memicu hormon endorfin, cobalah berolahraga. Penelitian menunjukkan OR itu cara efektif mengobati depresi / stres. Depresi dengan tingkat ringan dan depresi sedang. Tidak hanya itu, OR bisa membantu Anda menangkal perasaan gelisah, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan kepercayaan diri.

Saat Anda ber-OR, tubuh mengeluarkan hormon endorfin mengurangi rasa sakit dan memberi energi positif. Anda dapat ber-OR seperti berenang, bersepeda, lari pagi, atau yoga. Untuk dapat ketenangan emosional dan dukungan sosial, cobalah bergabung dengan kelas OR di pusat kebugaran. Misal, ikut kelas yoga atau mengajak kerabat Anda ber-OR bersama.

Secara umum, dianjurkan ber-OR 3-4x seminggu. Lakukan setidaknya 30 menit tiap kali latihan. Pastikan tidak memaksakan tubuh ber-OR 30 menit penuh jika Anda belum terbiasa. Sebagai permulaan, bisa mulai OR 15-20 menit, lalu secara bertahap Anda bisa meningkatkan durasi waktunya.

Selain OR, Anda bisaber-aktivitas fisik memicu hormon endorfin. Aktivitas fisik berbeda dengan olahraga. Olahraga merupakan kegiatan yang terstruktur, terencana, dan memiliki pergerakan tubuh yang berulang dengan tujuan meningkatkan kebugaran tubuh.

 

Sedang aktivitas fisik merupakan aktivitas yang biasanya suatu hobi, rutinitas atau merupakan kegiatan yang menyenangkan. Misalnya dengan berkebun, membersihkan rumah, bekerja, belanja, dansa, bersepeda serta kegiatan lain yang menggerakkan fisik.

Tidak hanya berolahraga, hormon endorfin juga bisa dipicu dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan. Misalnya, dengan mengonsumsi cabai atau cokelat. Makanan pedas atau cabai dapat meningkatkan pengeluaran hormon endorfin.

 

Semakin pedas cabai tersebut, semakin banyak hormon endorfin yang disekresi. Banyak orang merasa tenang saat mengonsumsi cokelat di kala stres. Ini berarti otak memproduksi hormon endorfin saat kita mengonsumsi cokelat.

Saat stres atau sedih, jangan biarkan diri larut lama. Lakukanlah sesuatu yang bisa membuat Anda merasa lebih baik. Salah satunya ber-OR atau melakukan aktivitas fisik guna memicu produksi hormon endorfin. (Tags : artikel, stress; sumber: http://www.alodokter.com/hormon-endorfin-penghilang-stres-dan-pereda-rasa-sakit-alami dan

) http://www.yakestelkom.or.id/artikel/detail/40)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close