Opini dan sukses bisnis

Tanaman mudah tumbuh-Labu Jepang-Kabocha

Labu Jepang atau Kabocha, tanaman yang mudah tumbuh, apalagi di pupuk Kascing. Dipasar harga per kg sekitar 7500, disupermarket bisa 2 x lipat..Pengalaman saya dalam menanam pohon ini, satu pohon bisa menghasilkan 5 sd 10 bh dgn berat masing2 2 sd 3 kg.

 

Bahkan bisa lebih banyak dan lebih berat bila dikelola profesional, saya dapat ilmu tanam ini waktu kerjasama dengan perusahaan benih Known You Seed Ltd dari Taiwan. Sayang kerjasama tidak berlanjut karena perbedaan harga beli yg terlalu jauh, setelah demplot di tempat saya sukses dengan 5 jenis varitas yg dia kembangkan.
Tanaman mudah tumbuh-Labu Jepang-Kabocha-2Kita tahu bersama bahwa labu jepang/kabocha/labu kuning ini banyak manfaatnya, karena banyak mengandung vitamin yg baik utk tubuh, terutama kandungan bethacarotin tinggi, berdasarkan hasil penelitian di US, dapat menyembuhkan penyakit asma akut.
Kini labu kuning ini tak hanya dibuat kolak dan bubur utk bayi saja, tapi ditepungkan jadi bahan pengganti tepung dan atau tambahan bahan pembuatan roti, piza, aneka bolu, brownies dll …

Alhamdulillah teman saya produsen brownies ketas di Cileunyi Bandung, menerima saran untuk menambah jenis Brownies nya Brownies Kabocha, dan laku keras disetiap pameran yang diikutinya.
Kembali ke budidaya kabocha ini, Insya Alloh menguntungkan, bisa dihitung per satu pohon meraup hasil minimal 5x2x7500=75 rb, sedang cost produksi dibawah 10rb per pohon. Bila diolah jadi tepung penghasilan pasti meningkat, disamping tepung kabocha tahan lama….he..he.. cukup menarik khan.
Bagi Sahabat yg memiliki lahan, dilokasi 700 dpl keatas..silahkan dicoba tanam tanaman ini… (Benyamin Haris; dari grup FB-ILP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close