Iptek dan Lingk. Hidup

Tanamlah Pepaya(BT 106)

Pepaya tak butuh tanah terlalu subur, tapi enggan tumbuh di tanah tergenang. Perlu sabar menunggu berbuah, namun sekali berbuah, terus menerus panen sampai melimpah, tetangga ikut menikmati. Pepaya tidak perlu tanah luas, halaman selebar 2 mt cukup merenggangkan batang daunnya yang besar.

Carica papaya berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, kini tersebar di daerah tropis. Aslinya, papaya punya 2 rumah, jantan dan betina, namun silangan2 saat ini sudah jenis hemaphrodit yang punya dua jenis bunga dalam 1 pohon.

 

Batang papaya berkayu lunak dan tidak dapat dimanfaatkan untuk apa2 kecuali untuk tanggul tanah sementara. Di Sleman, banyak penjual bibit papaya Bangkok yang buahnya besar dan dagingnya agak keras warna orange menyala.

 

Ada juga dijual jenis California yang lebih kecil, daging buah berwarna lebih cerah mirip papaya lokal jenis jingga. Harga bibit setinggi 15-20 cm itu tidak lebih mahal dari ongkos parkir. Ingin saya bagikan ke teman2 di Bandung, tapi tentu ongkos kirimnya bisa belasan ribu.  (Sadhono Hadi; dari grup FB ILP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close