Iptek dan Lingk. Hidup

Wajah Kalijodo Jakarta-2016

Taman Kalijodo terus dikebut. Saat ini, pengerjaan kawasan seluas 4 hektare itu telah masuk tahap finishing. Di sisi barat, rumput dan pohon di hamparan lokasi itu telah tertanam sehingga menambah kesan hijau di lokasi eks prostitusi terbesar di Jakarta itu.

 

Pengerjaan skate park (area main skate board) selesai. Juga jogging track rampung sebagian. Ada pula jembatan yang dipasang besi-besi pengamannya. Di sudut lain, di sisi utara taman, sejumlah pekerja tampak masih mengerjakan lokasi tempat monumen Kalijodo bakal dipasang.

 

Kabid Jalur Hijau Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, Budi Wibowo, mengatakan, pengerjaan Taman Kalijodo 85%. Pengerjaan konstruksi nyaris rampung. Tinggal bagian sisi utara yang masih dikerjakan : Pengecatan dan penanaman pohon di beberapa titik lain. ujar Budi ke wartawan (9/12).

“Targetnya sebelum pergantian tahun, taman ini selesai,” ujar Budi.

 

Taman berkonsep ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) ini pun akan bebas banjir. Budi menjelaskan sejak awal pembangunan, tanah di lokasi Taman Kalijodo memang sudah ditinggikan terlebih dulu.

 

Lahan di lokasi taman dibuat lebih tinggi dari batas tiang pancang dari Kanal Banjir Barat (KBB) yang mengalir di sisi barat taman, dan Kali Angke yang mengalir di sisi timur taman. Pada saluran air,  terdapat gorong2 beton di kedalaman 1 mt. “Pembangunan saluran air dibuat over capacity,” kata Budi

 

Jika terjadi hujan deras, air dipastikan tetap mengalir walau KBB dan Kali Angke meluap. “Taman ini akan bebas dari genangan air nantinya,” ungkapnya. (X-12; http://mediaindonesia.com/news/read/81903/wajah-baru-kalijodo-segera-rampung/2016-12-09)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close