Kesehatan

Daging beku tak boleh dibekukan lagi

Kompas.com-Daging beku yang dicairkan (thawing) sebelum dimasak sebaiknya segera diolah dan tidak dibekukan kembali jika ada sisa, untuk menjaga rasanya. Daging yang dicairkan, dibekukan kembali, aman diolah jadi makanan, asalkan disimpan secara benar di freezer dan bukan di suhu ruangan.

 

Walau begitu, rasanya sudah tidak seprima jika daging beku yang dicairkan langsung diolah. Daging yang berulang kali dibekukan akan jadi kering dan keras. Perubahan tekstur dan kelembaban itu membuat kelezatan masakan berkurang. Hal itu karena air beku di dalam daging menyebabkan perubahan di sel. Dengan demikian, pembekuan dilakukan berulang kali, maka perubahannya makin terasa.

Perhatikan pula cara mencairkan daging, yaitu bukan direndam di dalam air atau air panas. Sebaiknya, biarkan es mencair alami pada suhu ruang. Untuk mencegah proses pembekuan berulang, simpanlah daging beku dalam wadah untuk satu kali porsi pemasakan.

 

Jadi, daging di-bagi2 beberapa wadah jika Anda berencana mengolahnya jadi beberapa jenis masakan. (Lusia Kus Anna; Huffington post; http://health.kompas.com/read/2017/01/12/071600623/mengapa.daging.beku.tak.boleh.dibekukan.dua.kali)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close